Unik! Akademisi Ini Buat Lipbalm dari Rumput Laut, Kok Bisa?

Kosmetik kini menjadi barang primer bagi sebagian perempuan. Apalagi bagi anak muda yang memiliki segudang aktivitas di luar. Namun tak jarang, kosmetik yang banyak digunakan itu mengandung bahan berbahaya bagi kulit.

Salah satu kosmetik yang banyak digandrungi adalah pewarna bibir atau lipstik. Terlebih, tren zaman sekarang memunculkan jenis lipstik terbaru yaitu matte. Jenis lipstik waterproof dan hasil warnanya solid itu tak jarang dikeluhkan sebagai penyebab bibir kering.

Bibir yang kering dan pecah-pecah bisa menjadi gangguan sehari-hari. Pasalnya, jika bibir sudah kering menyebabkan rasa sakit dan perih ketika tersenyum atau mengonsumsi makanan pedas. Oleh karenanya sebelum memakai lipstik atau sesudahnya, pengguna biasanya memakai lipbalm.

Lipbalm komersial, umumnya mengandung asam salisilat, fenol, atau mentol. Hal ini, kadangkala menyebabkan bibir lebih kering atau alergi.

Mengatasi itu, seorang akademisi asal Bogor menciptakan inovasi unik. Pasalnya, ia menciptakan lipbalm dari kandungan alami, rumput laut. Akademisi itu yakni Prof. Dr. Ir. Nurjanah, Ketua Jurusan Teknologi Hasil Perairan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Bogor (FPIK) Institut Pertanian Bogor (IPB).

“Kami menggunakan ramuan alami rumput laut dengan berbagai kombinasi tanpa limbah. Ini kaya akan komponen bioaktif seperti antioksidan, anti penuaan, anti radang, SPF, dan vitamin,” jelas Nurjanah seperti dilansir dari IPB, Selasa (26/9/2017).

Ia mengatakan, bahan baku yang dijadikan lipbalm tersebut telah diuji dan melalui tahap pengujian kandungan komponen bioaktif. “Keseluruhan hasilnya menunjukkan bahwa (lipbalm) ini memenuhi standar yang ditetapkan kosmetik BPOM dan SNI,” imbuhnya.

Berbeda dengan lipbalm pada umumnya, Nurjanah mengatakan, lipbalm-nya tak menggunakan pelarut berbasis kimia melainkan hanya menggunakan air.

“Dalam produksi lipbalm, tak ada limbah yang dihasilkan karena semua komponen rumput laut digunakan untuk lipbalm ini. Dengan demikian ini merupakan terobosan baru di industri kosmetik,” tandasnya.

50total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *