Tol Becakayu dan Kalimalang jadi Alternatif Jika Tol Jakarta-Cikampek Macet

Kakorlantas Polri, Irjen Pol Royke Lumowa, mengimbau masyarakat yang ingin libur tahun baru untuk melalui jalan arteri jika jalur Pantura yang melewati Tol Jakarta-Cikampek mengalami kepadatan.

Jalur arteri tersebut meliputi jalan raya Kalimalang yang menghubungkan Jakarta hingga Kabupaten Bekasi. Serta Tol Becakayu yakni masuk dari Cipinang dan keluar di Jakasampurna.

“Antisipasinya sampai antrian panjang kita sarankan lewat Pantura, Kalimalang, Becakayu seperti pengalaman mudik pertama kemarin. Justru arteri menurut pengamatan kami lengang mulai dari kalimalang hingga Bekasi,” jelas Royke saat meninjau arus mudik Tahun Baru di Gerbang Tol Cikarang Utama, Jumat (29/12/2017).

Korlantas Polri telah menyiapkan pos pengamanan sepanjang jalur arteri yang akan dilewati oleh pengendara selama Operasi Lilin 2017 ini.

Sementara untuk di jalur Pantura, mulai dari Cikampek hingga Brebes berlanjut ke Tegal, Jawa Tengah, Korlantas akan menyiapkan sejumlah strategi untuk mengurai kepadatan kendaraan.

“Sesuai SOP, contra flow kemudian, kalau disini (Cikarang Utama) contra flow. Kalau di beberapa ruas jalan katakanlah Pantura atau Brexit-Tegal ada pengalihan arus,” tambah mantan Kapolda Papua Barat ini.

Diprediksi puncak arus mudik Tahun Baru akan terjadi pada Sabtu, (30/12/2017) hari ini.

Jumlah kendaraan yang akan melewati Tol Cikampek diprediksi mencapai 68 ribu kendaraan. Kendaraan itu akan menuju beberapa wilayah di Jawa Barat dan Jawa Tengah.

179total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *