Tjahjo Tak Mau Jadi Caleg

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo memilih untuk tidak maju sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019. Tjahjo menegaskan ingin menuntaskan amanat yang diberikan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Enggak (maju caleg). Saya pribadi akan menyelesaikan sampai selesai tugas sebagai Mendagri,” kata Tjahjo seusai memberikan kuliah umum di Sekolah Staf dan Komando (Sesko) TNI, Bandung, Jawa Barat (Jabar), Senin (13/11).

Menurutnya, para menteri yang ingin mendaftar menjadi caleg sepatutnya mengundurkan diri. Termasuk, jika ada menteri yang ikut pemilihan kepala daerah (pilkada). Ditambahkan, pergantian kabinet atau reshuffle nantinya merupakan hak prerogatif Presiden.

“Misalnya seperti Bu Khofifah (Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa) yang sudah yakin (maju) pilgub (pemilihan gubernur) pasti diganti dong. Soal penggantinya siapa ya haknya presiden,” imbuhnya.

Sampai dengan saat ini, Tjahjo yang juga mantan anggota DPR enam periode tak mengetahui persis menteri-menteri yang berkompetisi pada Pemilu 2019. “Yang (saya) tahu (menteri) yang mau nyalon gubernur (Khofifah),” ujarnya.

Seperti diketahui, Khofifah memang telah diusung sejumlah parpol menjadi cagub Jatim 2018. Khofifah belum mengundurkan diri dari Kabinet Kerja. Pendaftaran calon kepala daerah dibuka pada 6 Januari 2018.

17total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *