Tips Hemat Pakai Gas Elpiji

Sekarang zamannya serba mahal, kita harus pandai berhemat, termasuk hemat dalam penggunaan gas elpiji. Seperti kita tahu sejak Maret 2015 lalu, harga elpiji 12kg naik dari harga awal.

Bagi Anda yang terbiasa menggunakan gas elpiji tentu sangat merasakan dampak kenaikan harga tersebut. Sementara itu, kebutuhan memasak dan lainnya tetap harus berjalan. Di sisi lain Anda ingin bisa berhemat.

Pengguna gas elpiji mulai harus memikirkan berbagai cara untuk bisa berhemat dalam penggunanya. Berhemat gas elpiji ternyata dapat dilakukan dengan berbagai cara.

Beberapa cara tersebut bahkan dapat dilakukan oleh kita sendiri. Cara yang dilakukan terhadap penggunaan gas elpiji ini agar lebih hemat juga cukup mudah. Berikut ini tips dari Cermati.com, empat cara hemat penggunaan gas elpiji dengan mudah.

1. Pastikan memasak dengan warna api biru

Coba Anda atur pengaturan udara dari gas tersebut, hingga menghasilkan api yang berwarna biru. Nyala Api biru ini akan cukup panas saat digunakan untuk memasak makanan, bila dibandingkan dengan warna merah pada apinya.

Api biru dapat membuat makanan lebih cepat matang. Dengan begitu, memasakk dengan api biru membuat gas elpiji menjadi lebih hemat.

2. Digunakan sesuai kebutuhan

Memasak makanan atau memasak air, memerlukan penggunaan gas yang cukup sering. Cobalah untuk mengurangi porsi makanan atau kegiatan memasak air tersebut agar tidak terlalu sering.

Anda bisa memanfaatkan teko listrik untuk memasak air, sehingga gas hanya digunakan untuk memasak makanan saja. Untuk kegiatan memasak, Anda juga dapat memasak dalam porsi besar untuk dikonsumsi selama beberapa hari, sehingga makanan tersebut tidak dimasak setiap hari.

3. Gas elpiji aman dan nyaman

Ini adalah kegiatan yang wajib Anda lakukan jika menggunakan gas elpiji di rumah. Lakukan pengecekan tanda kedaluwarsa dari tabung gasnya. Tanggal kedaluwarsa ini terdapat pada bagian pegangan tangan gasnya.

Sebaiknya, dalam membeli gas elpiji, perhatikan kelayakan pakainya. Anda juga bisa membeli regulator otomatis untuk mencegah gas tidak keluar jika tidak ada sumber api. Hindari kebocoran gas yang akan membahayakan.

4. Hangatkan tabung gas

Gunakan alas tabung gas agar tabung gas lebih hangat. Anda bisa memanfaatkan papan kayu biasa sebagai alasnya, atau di beberapa supermarket biasanya dijual alas khusus untuk gas elpiji yang sudah ada rodanya.

Hubunganya dengan berhemat elpiji adalah saat udara sekitar sedang dingin, gas elpiji yang tidak memakai alas akan mengalami pengurangan volume gas, tentu itu merugikan. Sebaiknya, selalu gunakan alas agar gas elpiji kita aman dan lebih hangat.

Gunakan gas elpiji dengan bijak

Agar gas elpiji dapat digunakan dengan lebih hemat, sebaiknya Anda mulai gunakan gas dengan lebih bijak dan efektif. Anda bisa menjalankan beberapa cara di atas untuk menggunakan gas secara efektif dan efisien.

Dengan begitu, walau harga gas cukup tinggi, kita masih bisa menggunakannya dalam waktu lama, dan tidak perlu sering diganti.

49total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *