Tewaskan Perampok dengan Aksi Main Hakim Sendiri, Lima Pria di Malaysia Dihukum Mati

Karena main hakim sendiri dan memukuli seorang tersangka perampok sampai tewas, lima pria dijatuhi hukuman gantung oleh Pengadilan Tinggi di Malaysia. Korban mengalami luka parah dan meninggal di rumah sakit sehari setelah dihakimi oleh kelima pria tersebut.

Penjaga keamanan M. Yogesvaran, perwira angkatan darat Mohammad Hairul Abdullah dan Lawrence anak Masing, wirausahawan Zaidi Zainal serta Chong Kai Weng, seorang pengawas dinyatakan bersalah atas pembunuhan Yusof Abdul Khalib.

Aksi main hakim sendiri dan penganiayaan terhadap Yusof terjadi di V-Club Snooker Club di Taman Intan Biaduri, Sentul, Kuala Lumpur. Yusof sempat dilarikan ke rumah sakit namun akhirnya tewas karena luka-lukanya.

Komisioner Yudisial Pengadilan Tinggi Malaysia, Mohamad Shariff Abu Samah menyatakan persekusi yang dilakukan kelima terdakwa telah menjadi bukti tak terbantahkan dalam kasus ini. Dia juga menyatakan bahwa klaim para terdakwa yang mengatakan melakukan penangkapan oleh warga dengan niat menyerahkan tersangka perampokan kepada polisi sebagai sebuah omong kosong.

“Meski korbannya mungkin seorang perampok, tindakan yang benar adalah membawanya ke kantor polisi, bukan menyerangnya seperti harimau yang lapar akan keadilannya sendiri,” kata Mohamad Shariff sebagaimana dilansir The Star, Kamis (28/12/2017).

Dia menjatuhkan hukuman mati dengan digantung kepada kelima tersangka sesuai dengan Pasal 302 Hukum Pidana Malaysia. Suara isak tangis dari anggota keluarga para tersangka terdengar dari ruang sidang saat keputusan tersebut dibacakan.

77total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *