Teknologi Berkembang, Jokowi Sebut Generasi Milenial Pegang Kunci Perubahan Global

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut generasi milenial atau generasi Y memiliki peranan penting dalam perubahan global. Apalagi saat ini tengah teknologi berkembang pesat yang memungkinkan semua informasi masuk dan berada dalam genggaman.

“Saya mengingatkan dan menyadarkan, terjadi perubahan-perubahan besar, perubahan global yang banyak di sisi teknologi. Lebih spesifik teknologi informasi. hampir semua negara berbicara mengenai robotik, kalau kita tidak mengikuti dan terjebak pada rutinitas yang monoton, maka kita akan ditinggal oleh perubahan global,” kata Jokowi di Akpol Semarang, Senin (9/10/2017).

Perubahan-perubahan akibat berkembangnya teknologi akan langsung dirasakan oleh generasi milenial yang mulai meninggalkan media mainstream. Mereka akan lebih banyak mengakses internet untuk mendapatkan segala informasi melalui ponsel pintar atau gadget.

“Ke depan yang bisa menentukan perubahan adalah generasi Y, generasi milenial. Perubahan itu nyata, yang petama di bidang media. Anak muda sudah tidak senang mengikuti media mainstream, mereka pasti klik online. Semua belantara informasi itu ada dalam kotak yang namanya smartphone, handphone,” jelas Mantan Wali Kota Solo itu.

Menurutnya, perubahan global akan memengaruhi pada bidang ekonomi dan politik. Perubahan lanskap ekonomi global akan berpengaruh pada lanskap enokomi nasiobnal. Begitu juga pada lanskap politik global jika berubah, juga mengakibatkan lanskap politik nasional juga berubah.

“Bergeraknya pasti akan seperti itu termasuk ke daerah. Jadi kapolresta, kapolda, hal-hal seperti ini harus menyiapkan diri.Perubahan-perubahan ini sudah tak mungkin lagi kita hentikan. Generasi Y, menentukan ekonomi , politik global juga mereka. Akan terjadi perubahan lanskap tapi ke mana kita masih belum tahu. Ini ada masa transisi yang kita juga belum tahu,” ungkapnya.

143total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *