Tekan Angka Buta Aksara, Kemendikbud Apresiasi Pegiat Literasi di Indonesia

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengapresiasi usaha para pegiat literasi yang terus menekan buta aksara di Indonesia.

Terlebih, saat ini, angka buta aksara di Indonesia sudah cukup berkurang yakni tinggal 2,04 persen.

Hal tersebut disampaikan Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat (KA BKLM), Ari Santoso, saat diskusi bersama puluhan pegiat literasi Indonesia di Hotel Grage, Kuningan, Jawa Barat, Kamis (7/9/2017).

“Pemerintah mungkin banyak membantu, tapi langkah teman-teman sudah luah biasai, apalagi masalah buta aksara,” ucap Ari Santoso di depan puluhan orang penggiat literasi Indonesia.

“Menurut data, tinggal 2,04 persen buta askara kita, namun secara jumlah mencapai 3,4 juta orang lebih. Tapi ini jauh lebih baik,” tambahnya.

Ari juga memahami rintangan dan hambatan yang dihadapi para pegiat literasi di Indonesia.

Ia menyebut mulai dari ketersedian relawan yang sedikit, keterbatasan buku bacaan hingga kurangnya dukungan dari pemerintah daerah setempat dimana para pegiat literasi mengembangkan Taman Bacaan Masyarakat (TBM).

Sementara itu, Ketua Umum Forum Taman Bacaan Masyarakat, Firman Hadiansyah, mengatakan saat ini ada lebih 6.000 TBM yang tersebar di seluruh Indonesia.

Ia juga terus mendorong masyarakat untuk mencanagkan program Kemendikbud dalam menekan angka buta aksara di Indoensia.

“Selama ini kita bergerak di lapangan, ini momen istimewa buat kami. Kami selalu mengundang ke publik siapapun yang ingin ikut, bekerja sama Kemendikbut, saat ini ada 6.000 TBM mulai dari Aceh-Papua,” ungkap Firman Hadiansyah.

Firman juga mengatakan bahwa saat ini para pegiat literasi tidak meminta uang kepada Kemendikbud, namun mengupayakan adanya bantuan pengiriman buku secara gratis.

Hal tersebut terwujud, saat peringatan Hari Pendididikan Nasional yang jatuh pada 2 Mei 2017 lalu, dimana Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyetujui 8 butir literasi yang salah satunya menyetujui pengiriman buku setiap pada 17 setiap bulannya secara gratis.

Diberitakan sebelumnya, puluhan pegiat literasi berkumpul dalam acara puncak Peringatan Hari Aksara Internasional 2017 di Kuningan, Jawa Barat.

224total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *