Tanggapan Kemenhub soal Lalin Libur Natal dan Tahun Baru

Puncak arus mudik dan balik libur Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 relatif lancar jika dibandingkan dengan musim libur Natal 2016 dan Tahun Baru 2017.

Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Sugihardjo mengatakan, meskipun mengalami peningkatan jumlah kendaraan, namun penanganan arus kendaraan di lapangan masih tetap relatif lancar.

“Dari masukan yang dilaporkan oleh Jasa Marga, Alhamdulillah, penangananan natal dan tahun baru ini relatif lancar karena ada dasar informasi data lalin (lalu lintas),” kata Sugihardjo, saat memantau Gerbang Tol Cikarang Utama, Bekasi, Jawa Barat, Senin 1 Januari 2018.

Sugihardjo mengatakan, pada saat puncak arus mudik libur natal dan tahun baru pada 23 Desember 2017. Arus kendaraan yang keluar dari Jakarta sekitar 91 ribu, lebih besar dari tahun sebelumnya yang hanya 84 ribu.

Untuk puncak kepadatan arus balik dari Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur menuju Jakarta melalui GT Cikarang Utama diperkirakan akan terjadi malam ini.

Sugihardjo meyakini stakeholder terkait, terutama Jasa Marga, bisa mengendalikan dinamika lalu lintas ini.

“Dengan 31 gardu dibuka itu relatif bisa mengendalikan, karena dari sisi karakter, lalu lintas kalau masuk ke Jakarta itu ibarat corong. Dari jalan yang sempit lalu melebar, baik kapasitas luas jalan maupun kapasitas gardu,” ujarnya.

64total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *