Survei Elektabilitas Rendah, PSI Tak Khawatir

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie mengatakan pihaknya masih menghadapi tantangan untuk lebih menyosialisasikan diri di tengah masyarakat terkait hasil survei yang menunjukkan elektabilitas partainya masih di bawah.

“Tantangan untuk partai baru adalah belum dikenal,” kata Grace, Jumat (26/1).

Hal itu disampaikan Grace ketika ditanya tanggapannya atas sejumlah hasil publikasi lembaga survei yang menunjukkan posisi PSI masih termasuk jajaran bawah elektabilitas parpol peserta pemilu 2019.

Kata Grace, posisi ‘belum dikenal’ itu jauh lebih baik dibanding parpol lama yang sudah dikenal namun tak dipilih. Kalau teorinya publik belum yakin berarti publik sudah tahu partai namun memutuskan untuk tidak memilih.

“Beda dengan belum kenal,” kata Grace.

Masalahnya, dalam memperkenalkan partainya, Grace mengaku pihaknya menemukan resistensi besar. Buah dari praktik politik korup dan kotor yang telah berdekade dilakukan, sehingga politik dapat label buruk dan melekat di benak masyarakat. Hingga dampaknya adalah masyarakat tidak mau tahu dan tidak mau terlibat.

“Tiga tahun ini kami coba edukasi publik bahwa ada cara baru dan bersih yang bisa kita lakukan‎,” kata Grace.

Sekjen PSI Raja Juli Antoni menyatakan bahwa sebenarnya raihan elektabilitas PSI sejauh ini di angka 0,3 persen-1,9 persen sudah patut disyukuri karena personelnya masih kurang pengalaman.

“Dengan hitungan optimis, dengan margin survei itu plus minus 2 persen, pemilih PSI sudah mencapai sekitar 2-3 persen. Tentu ini berita baik bagi pendatang baru di politik Indonesia dengan pengalaman politik yang hampir tidak ada,” kata Raja.

Yang menarik dari beberapa survei, menunjukkan bahwa mayoritas orang yang mengenal PSI, semuanya berpandangan positif atau paling tidak netral. Artinya PSI sudah relatif berhasil membangun citra sebagai partai baru dan allternatif.

Tantangannya adalah meningkatkan popularitas dan awareness PSI sehingga lebih banyak orang mengenal PSI dan terkonversi menjadi pemilih.

“Hasil survei ini dapat dijadikan kajian internal untuk menentukan langkah politik ke depan,” kata Raja.

Dijelaskannya, pada saat ini mesin politik PSI benar-benat tersedot oleh verifikasi KPU. Pertengahan Februari setelah PSI resmi menjadi partai politik, Antoni mengatakan pihaknya bisa berlari kencang mengejar elektabilitas.‎

111total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *