Sumber Penerangan, Terminal Purabaya Gunakan Tenaga Matahari

Terminal Purabaya Surabaya, Jawa Timur di Sidoarjo, menggunakan solar cell atau tenaga matahari sebagai sumber energi listrik untuk penerangan dalam lingkungan terminal setempat.

Koordinator Bidang Pendapatan Terminal Purabaya Surabaya M Fadli, Rabu (31/1) mengatakan dengan menggunakan teknologi tersebut, beban biaya untuk membayar listrik bisa berkurang.

“Saat ini yang sudah menggunakan teknologi tersebut masih di bagian terminal pemberangkatan saja. Ke depan akan terus dikembangkan untuk bagian terminal yang lainnya,” katanya saat dikonfirmasi di Sidoarjo.

Ia mengemukakan, pihaknya sangat terbantu dengan adanya teknologi tersebut yang diterapkan di dalam lingkungan Terminal Purabaya Surabaya.

“Saat ini, untuk ruangan tunggu dan beberapa kios yang ada di dalam terminal masih menggunakan listrik dari PLN,” ujarnya.

Ia menjelaskan selain menggunakan teknologi tenaga matahari, pihaknya dalam waktu dekat ini akan mengumpulkan perusahaan otobus terkait rencana mengelompokkan jalur bus.

“Dengan pengelompokan tersebut akan memudahkan penumpang untuk memilih jalur bus sesuai dengan tujuan masing-masing mengingat saat ini jalur bus masih tercampur menjadi satu,” katanya.

Ia mengatakan saat ini untuk jalur bus antarkota antarprovinsi masih bercampur menjadi satu dengan jalur bus antarkota dalam provinsi.

“Dengan pengelompokan itu, jalur bus antarkota dalam provinsi akan berada di sebelah barat dan untuk jalur antarkota antar provinsi akan berada di sebelah timur,” katanya.

103total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *