Suka Tidak Suka, Munaslub Partai Golkar Harus Digelar Secepatnya!

Penyelenggaraan Musyarawah Nasional Luar Biasa (Munaslub) Partai Golkar masih menjadi tarik ulur di internal partai berlambang beringin itu. Ketua Dewan Pakar Golkar Agung Laksono sampai harus mendesak agar DPP tidak menghalangi upaya penyelenggaraan Munaslub.

Pengamat Politik dari Universitas Pelita Harapan Emurs Sihombing mengatakan, menunda Munaslub Partai Golkar memang akan menjadi kerugian bagi negara. Hal itu terkait posisi Ketum Golkar juga Ketua DPR yang masih dijabat oleh Setya Novanto.

Okezone, Sabtu (9/12/2017).

Sebanyak 31 pimpinan dewan pimpinan daerah I (DPD I) telah menyepakati diselenggarakannya Munaslub pada pertengahan Desember 2017. Sebanyak 31 pimpinan DPD I Golkar tersebut juga telah menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) membicarakan polemik ini.

Emrus melanjutkan, sudah tiga pekan lebih negeri ini dibiarkan tanpa keberadaan Ketua DPR di Senayan. Dengan alasan apapun, lembaga  legislatif, katanya, tidak boleh disandera oleh kepentingan atau kekuatan politik apapun, termasuk kekuatan politik partai, faksi, apalagi oleh karena kepentingan politik individu di elit politik Golkar.

“Ini tidak boleh terjadi sama sekali. Oleh karena itu, sesuai dengan UU MD3, Golkar harus bertanggungjawab atas ‘kekosongan’ jabatan Ketua DPR RI kita,” ujarnya.

Segera setelah pemilihan ketua umum digelar, Partai Golkar bisa langsung menunjuk kadernya untuk menempati posisi Ketua DPR.

“Di Golkar, menurut saya, masih ada kader yang memiliki kompotensi dan integritas kukuh yang dapat ‘menakhodai’ lembaga legislatif kita,” ujarnya.

Sejauh ini, nama-nama bakal calon untuk menggantikan Setya di kursi Ketum Golkar antara lain Airlangga Hartarto, Idrus Marham, dan Aziz Syamsuddin. Sementara kandidat yang digadang menjadi Setya di kursi Ketum DPR yang beredar antara lain, Ketua Komisi II DPR Zainudin Amali, Ketua Komisi III DPR Bambang Soesatyo, Sekretaris Fraksi Golkar di DPR Agus Gumiwang Kartasasmita dan Ketua Badan Anggaran DPR Aziz Syamsudin.

85total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *