Soal Tantangan dari Presiden untuk Buka Jurusan Sosmed dan E Commerce, Ini Tanggapan UNPAD

Rektor Universitas Padjadjaran (UNPAD), Tri Hanggono Achmad berkomentar soal tantangan yang diberikan Presiden Joko Widodo kepada pihaknya untuk membuka program studi sosial media, e commerce dan meme.

Tri Hanggono mengatakan, UNPAD telah sejak beberapa tahun belakangan telah membuka sejumlah program studi baru yang telah disesuaikan dengan perkembangan zaman.

 “Kita sudah membuka prodi-prodi yang tidak konvensional, misalnya ada inovasi regional, pembangunan berkelanjutan. Itu sudah kita buka,” kata Tri usai menghadiri puncak peringatan Dies Natalis UNPAD yang ke-60 di Bandung, Senin (11/9/2017).

Lebih lanjut, Tri menyatakan sepakat dengan pandangan Jokowi soal pengembangan program studi yang harus terus mengikuti perkembangan zaman.

“Memang menghadapi tantangan (zaman) harus ada inovasi, enggak bisa berbicara prodi-prodi seperti yang dulu lagi,” ucap Tri.

Selain dua program studi yang telah eksis di UNPAD, Tri Hanggono, juga menyatakan akan membuka program studi ekonomi digital dan sebuah program studi lain yang berkaitan dengan media yang masih dalam persiapan.

“Kita akan buka prodi untuk ekonomi digital dan satu lagi berbicara tentang media, media ini bukan saja berbicara tentang teknologinya, tapi substansinya,” jelas Tri Hanggono.

Meski begitu, Tri Hanggono belum merinci dua program studi yang ia maksud. Sebab, dua program studi itu diproyeksikan untuk tahun akademik baru.

Ia hanya memberi sedikit gambaran, bahwasanya, dua program studi baru itu akan dilakukan dengan pendekatan transdisiplin, misalnya melibatkan hukum dan teknologi informasi.

74total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *