Siap-siap, Pekan Depan Sterilisasi Jalur Bus di Tol Jagorawi

Setelah menerapkan kebijakan ganjil genap, sterilisasi jalur bus dan pembatasan kendaraan berat di jalan Tol Jakarta-Cikampek, Kementerian Perhubungan akan mempersiapkan kebijakan arus lalu lintas di Tol Jagorawi.

Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kemenhub, Bambang Prihartono, mengatakan usai menerapkan kebijakan ganjil genap di pintu Tol Bekasi, pihaknya akan menyiapkan kebijakan lain di wilayah Tol Jagorawi.

Menurut dia, kebijakan baru yang akan disiapkan tersebut bukan penerapan ganjil genap terlebih dahulu, melainkan kebijakan pembuatan jalur khusus bus di lajur satu pada ruas Tol Jagorawi.

“Setelah evaluasi kebijakan di Tol Jakarta-Cikampek kita akan bergerak ke Tol Jagorawi atasi kemacetan. Sekarang kebijakan itu tinggal implementasi saja, sarana sudah disiapkan,” kata Bambang kepada VIVA, Rabu, 14 Maret 2018.

Adapun pelaksanaan kebijakan tersebut, lanjut Bambang, akan disiapkan pada pekan depan. Nantinya, ada satu jalur khusus di jalan tol yang steril dari kendaraan pribadi dan dikhususkan untuk angkutan umum.

“Minggu depan akan kami siapkan (sterilisasi jalur bus) di Tol Jagorawi. Jadi bukan ganjil genap yang kita terapkan,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, alasan tidak menerapkan ganjil genap di Tol Jagorawi saat ini lantaran VC Ratio di jalur tersebut masih 0,8 atau di bawah satu. Yang artinya tidak terlalu padat dan tidak  seperti di ruas Tol Jakarta-Cikampek.

226total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *