Siap Koalisi dengan PDIP, Nasdem Bebaskan Ganjar Pranowo Pilih Pendamping di Pilgub Jateng

Partai Nasdem memberi sinyal siap berkoalisi dengan PDI Perjuangan apabila kembali mengusung Ganjar Pranowo sebagai calon gubernur pada Pilgub Jawa Tengah (Jateng) 2018. Bahkan, partai besutan Surya Paloh itu siap memberikan dukungan tanpa meminta posisi calon wakil gubernur (cawagub).

“Tidak ada cawagub dari Nasdem,” kata Anggota Dewan Pakar DPP Nasdem Teuku Taufiqulhadi saat berbincang-bincang dengan¬†Okezone, Rabu (6/12/2017).

Taufiqulhadi yakin PDIP akan mengusung kembali Ganjar Pranowo karena selama ini komunikasi orang nomor satu di Jateng dengan elite partai berlambang banteng moncong putih itu baik-baik saja, khususnya dengan Megawati Soekarnoputri.

“Persoalan didukung atau tidak, itu adalah persoalan kedua. Tetapi, sejauh ini kami melihat bahwa komunikasi Pak Ganjar baik dengan PDIP,” tuturnya.

Karena tidak mengajukan cawagub, Taufiqulhadi hanya memberikan kriteria calon pendamping yang akan dipilih Ganjar. Selain memiliki elektabilitas tinggi, ia juga harus cakap dan dapat mendukung kinerja Ganjar Pranowo.

“Menurut saya (cawagubnya) yang mampu mendukung kinerja dan kemudian juga elektabilitas,” terangnya.

Lebih lanjut, Taufiqulhadi menyampaikan, dukungan itu belum resmi karena belum ada hitam di atas putih yang dikeluarkan oleh DPP Nasdem. Terlebih lagi, PDIP selaku partainya Ganjar bernaung belum memberikan rekomendasi untuk diusung merebut kembali kursi Jateng satu.

“Dukungan resmi dan tidak resmi itu kan nanti. Kalau resmi berarti kan setelah dideklarasikan kemudian diajukan ke KPU. Tetapi yang jelas, komunikasi sudah terbangun mulai sekarang. Komunikasi yang kami bangun sekarang mengarah ke situ,” pungkasnya.

16total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *