Senin, Tiangong-1 Masuki Atmosfer Bumi

Purwarupa stasiun ruang angkasa Tiongkok, Tiangong-1 akan memasuki atmosfer bumi pada suatu titik pada hari Senin (2/4). Demikian pernyataan badan antariksa Tiongkok, Minggu (1/4). Meski demikian, lembaga itu tidak menentukan waktu tepat pesawat ruang angkasa tersebut akan memasuki atmosfer bumi.

Sejauh ini tidak ada yang tahu pasti di mana puing-puing Tiangong-1 akan mendarat. Namun banyak ahli percaya mayoritas bagian pesawat ruang angkasa tersebut akan terbakar saat memasuki atmosfer bumi.

Pemerintah Tiongkok di Beijing mengatakan pada Jumat (30/3) bahwa tidak mungkin ada potongan besar yang akan mencapai tanah.

Sementara badan antariksa Korea Selatan melaporkan melalui laman Internet pada Minggu bahwa purwarupa stasiun luar angkasa pertama Tiongkok itu diperkirakan akan memasuki atmosfir antara pukul 05:12 hingga 13:12 siang waktu Seoul pada hari Senin, atau sekitar pukul 03.12 hingga 11.12 WIB.

Tiangong-1, yang memiliki ukuran 10,4 meter diluncurkan pada 2011 untuk melakukan serangkaian percobaan perkaitan (docking) pesawat antariksa dan orbit sebagai bagian dari program ambisius Tiongkok di bidang ruang angkasa.

Tiongkok juga berambisi menempatkan stasiun luar angkasa permanen di orbit bumi pada 2023.

Stasiun luar angkasa Tiongkok awalnya akan dinonaktifkan pada 2013, tetapi misinya berulang kali diperpanjang.

Tiongkok sebelumnya sempat mengumumkan Tiangong-1 akan non-aktif pada akhir 2017, tetapi prosesnya kembali tertunda.

60total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *