Seluruh Warga Miskin Bengkulu Selatan Dapat Bantuan PKH pada 2018

Seluruh warga miskin di Kabupaten Bengkulu Selatan, Bengkulu, pada 2018 akan menerima bantuan dana Program Keluarga Harapan (PKH) dari pemerintah. Dana bantuan PKH ini, disalurkan kepada warga miskin setiap tiga bulan sekali melalui rekening di bank.

“Insya Allah pada 2018, seluruh warga miskin di Bengkulu Selatan, akan menerima bantuan dana PKH dari pemerintah pusat. Data warga miskin calon penerima dana PKH sudah sampaikan ke Kemsos (Kementerian Sosial) di Jakarta,” kata Kepala Dinas Sosial Bengkulu Selatan, Diah Winarsih, di Bengkulu, Senin (28/8).

Ia mengatakan, pada tahun 2017, warga miskin di Bengkulu Selatan yang menerima dana PKH sebanyak 4.773 keluarga dari 13.609 keluarga miskin di daerah ini, sehingga masih ada warga kurang beruntung yang belum tersentuh program PKH sebanyak 8.834 keluarga.

Sesuai dengan kebijakan pemerintah pada tahun 2018, seluruh warga miskin yang terdata di Bengkulu Selatan, akan mendapat dana PKH.

“Kami berharap apa yang dijanjikan pusat tidak berubah, sehingga pada 2018 mendatang, warga miskin yang ada di Bengkulu Selatan, akan mendapatkan bantuan dana PKH yang dibayarkan setiap tiga bulan sekali,” ujarnya.

Meskipun seluruh warga miskin di Bengkulu Selatan, dipastikan akan menerima dana PKH pada 2018, tapi pihaknya masih melakukan verifikasi ulang data warga miskin di daerah ini.

Hal ini dilakukan agar data warga miskin di Bengkulu Selatan, benar-benar valid dan dapat dipertanggungjawabkan. “Bisa saja dari verifikasi ulang ini warga miskin di Bengkulu Selatan berkurang, karena sebelumnya miskin kini sudah sejahtera,” ujarnya.

Selain itu, dengan dilakukan verifikasi ulang akan diketahui secara pasti mana warga benar-benar miskin dan mana warga yang berpura-pura miskin agar mendapat bantuan dari pemerintah.

Dengan verifikasi ulang tersebut, data keluarga miskin penerima dana PKH di Bengkulu Selatan, akan semakin akurat dari sebelummya. Besaran dana PKH yang diterima warga miskin pada 2017, sebesar Rp 1.890.000 per orang.

Dana PKH tersebut, disalurkan ke penerima setiap tiga bulan sekali, triwulan pertama Rp 500.000 per orang dan triwulan terakhir sebesar Rp 390.000 per orang. Dana PKH triwulan terakhir akan dicair pada bulan November mendatang, katanya.

82total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *