Sebagai Mantan Prajurit, Moeldoko Siap Jika Diminta Membantu Presiden

Isu perombakan kabinet kian menguat belakangan ini. Apalagi, setelah Partai Amanat Nasional (PAN) tidak sejalan dengan pilihan partai koalisi saat keputusan tentang Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu). PAN pun diminta untuk mundur dari koalisi pemerintah dan menarik kader mereka yang menjadi menteri dari jajaran kabinet.

Setelah sikap PAN di RUU Penyelenggaraan Pemilu itu, sejumla kalangan pun menilai bahwa perombakan kabinet akan sangat mungkin terjadi dalam waktu dekat. Salah satu tokoh yang berpotensi masuk jajaran kabinet adalah mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Moeldoko.

Saat diminta tanggapan terkait itu, Moeldoko mengaku siap bekerja jika memang dipanggil dan diajak masuk kabinet oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). “Bagi seorang mantan prajurit, sepanjang diperlukan negara, apalagi seperti itu, angkat senjata saja mau. Jadi, dipanggil bekerja pasti mau,” ujar Moeldoko di Jakarta, Rabu (26/7).

Moeldoko mengaku siap secara sukarela menjalankan tugas yang diberikan negara apa pun bentuknya, termasuk menjadi pembantu Presiden Jokowi. Namun, dia tidak mau berandai-andai, apakah akan dipanggil atau tidak leh Presiden untuk menempati posisi tertentu di kementerian.

“Saya tidak mau berandai-andai. Saya siap mengabdi kepada bangsa dan negara. Tidak usah melihat untuk apa atau di mana dan seterusnya,” ujarnya. Selain itu, Moeldoko juga tidak keberatan jika ada yang mendorongnya menjadi calon presiden atau wakil presiden di Pemilu 2019. Dia mengaku masih memiliki energi untuk memimpin bangsa Indonesia.

“Kalau memang sungguh bangsa Indonesia menginginkan (jadi capres/cawapres), kenapa tidak. Saya masih mempunyai energi. Pikiran saya masih cukup baik. Tenaga saya masih cukup baik dan cukup sehat,” kata dia.

Moeldoko mengaku sudah menjalin komunikasi dengan partai tertentu. “Ada komunikasi secara informal dengan partai tertentu. (Komunikasi dengan partai lain), nantilah. Pasti ada lirik kanan dan kiri,” ujarnya.

113total visits,2visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *