Sasar Tanki Minyak Arab Saudi, Rudal Houthi Ditembak Jatuh

Pasukan pertahanan udara Arab Saudi kembali berhasil menembak jatuh rudal yang ditembakkan milisi Houthi dari Yaman. Rudal tersebut berhasil dicegat sebelum mencapai target yang ditentukan Houthi, yakni tanki penyimpanan minyak milik Aramco, perusahaan minyak Arab Saudi.

Serpihan rudal milisi Houthi itu jatuh di area padat penduduk di Jizan. Juru bicara pasukan koalisi Arab Saudi di Yaman, Kolonel Turki al Malki menuturkan, rudal yang diluncurkan oleh Houthi ke Jizan itu berhasil ditembak jatuh pada Rabu 4 April sekira pukul 21.30 waktu setempat.

Melansir dari Reuters, Kamis (5/4/2018), Kolonel Turki al Maliki mengatakan hingga saat ini belum ada laporan korban atau kerusakan akibat serpihan rudal tersebut. Sementara itu, Aramco mengumumkan lewat Twitter bahwa seluruh fasilitasnya di Jizan aman dan beroperasi normal.

Tensi antara Arab Saudi dengan milisi Houthi di Yaman meningkat dalam beberapa pekan terakhir. milisi yang didukung Iran itu diketahui menguasai wilayah utara Yaman yang berbatasan langsung dengan Arab Saudi. Dalam beberapa pekan terakhir, Houthi kerap meluncurkan rudal ke wilayah Arab Saudi.

Pada Senin 26 Maret, Houthi meluncurkan tujuh rudal ke arah Arab Saudi yang semuanya berhasil ditembak jatuh. Akan tetapi, salah satu serpihan jatuh menimpa seorang pria yang kemudian meninggal dunia di Riyadh. Selang beberapa hari, Houthi kembali meluncurkan rudal ke Najran yang menyebabkan satu orang warga negara (WN) India luka-luka.

Arab Saudi menuduh rival beratnya di kawasan, Iran, menyuplai rudal bagi Houthi dalam perang di Yaman. Sebagai informasi, Houthi berhasil menguasai Ibu Kota Sanaa dan sejumlah besar wilayah lain sehingga Presiden Abd Rabbo Mansour Hadi terpaksa mencari perlindungan ke Arab Saudi dan memindahkan ibu kota ke Aden.

Pasukan koalisi pimpinan Arab Saudi terjun dalam perang saudara di Yaman guna mengusir milisi Houthi dari Sanaa sejak 2015. Namun, perang tidak kunjung usai dan telah menelan 10 ribu orang korban jiwa. Perang tersebut juga menyebabkan jutaan warga Yaman, salah satu negara termiskin di Timur Tengah, terancam penyakit endemik kolera.

45total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *