Sandiaga Kembalikan Jaket Bomber Pemberian Habibie ke KPK

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahudin Uno menceritakan saat Komisi Penyelenggaraan Korupsi (KPK) mendatanginya di Balai Kota, ia melaporkan beberapa barang yang dianggapnya termasuk dalam gratifikasi.

Semenjak menjadi orang nomor 2 DKI Jakarta dalam 3 bulan ini, Sandi sapaan akrabnya diberikan sejumlah barang, salah satunya jaket yang diberikan oleh Presiden ke-3 Habibie.

Menurut Sandi, jaket itu kini sudah berada di tangan KPK dan menjadi miliki negara.

“Memberikan klarifikasi (ke KPK) mulai dari jaket yang diberikan oleh Pak Habibie ternyata itu sekarang menjadi milik negara, karena setelah kami laporkan sudah keluar surat keputusannya SK-nya,” ujar Sandi, di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (5/1/2017).

Selain jaket, ia juga melaporkan 11 barang lain pemberian tamu yang datang beraudiensi ke Balai Kota.

“Jadi saya melaporkan lebih dari 12 item ke KPK dan yang 11-nya lagi diverifikasi. Ada yang berbentuk gift dari tamu-tamu yang datang beraudiensi di sini.,” ucapnya.

Lanjut Sandi, KPK meminta ke semua barang itu harus dilengkapi data valid, seperti mencari siapa yang memberikan dan waktu pemberian hadiah, hingga hadiah yang ditinggalkan tanpa pesan.

“Tapi masih dilengkapi data-datanya. Karena tadi KPK meminta klarifikasi: Siapa yang memberikan, tanggal berapa diberikan-nya. Ada juga tamu yang meninggalkan benda di meja saya, saya nggak tahu siapa yang berikan. Ada 2 item yang ada di meja saya yang dilaporkan, bentuknya bingkisan, isinya bolpen yang mahal,” ungkap pria yang kerap mengenakan kaca mata ini.

Diketahui pada Rabu (3/1/2017) lalu, Anies-Sandi telah mengumumkan Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP), yakni bidang pencegahan korupsi.

Tim itu diketuai oleh mantan Ketua KPK Bambang Widjayanto dan beranggota 4 orang dengan latar belakang aktivitas dan penggiat Anti Korupsi serta akademisi Open Goverment.

Sandi menyebut dalam pertemuan bersama KPK itu, lembaga negara itu memberikan dukungan pada Pemprov DKI untuk usaha melakukan pencegahan korupsi di lingkup Pempov.

“Sangat berterima kasih dan sangat mensupport (KPK ke kita),” ujar Sandi.

114total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *