Romahurmuziy: PPP Dukung Pemerintah Keluarkan Perppu Ormas

Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mendukung penuh kebijakan pemerintah mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 02 tahun 2017, tentang Organisasi Masyarakat (Ormas).

“Sebagai partai koalisi pendukung pemerintah, PPP mendukung penuh dikeluarkannya Perppu tentang Ormas oleh pemerintah,” kata Ketua Umum DPP PPP, Romahurmuziy pada acara konsolidasi PPP, di Bengkulu, Jumat (14/7).

Ia mengatakan, alasan PPP mendukung Perppu, karena sebelumnya dinilai ada kesalahan logika ketika pembentukan Undang- Undang (UU) Ormas No 68 tahun 2013 lalu.

Pada saat itu, katanya, ada pasal yang mengatur penerbitan izin ormas dilakukan oleh pemerintah, dan pencabutannya setelah mendapatkan izin dari pengadilan.

Izin pengadilan tersebut, lanjutnya yang masih bertentangan dengan hukum dasar administrasi negara, yaitu Contrarius Actus, barang siapa yang menerbitkan izin, maka yang berwenang mencabutnya.

“Karena itu, jika pengadilan ingin tetap difungsikan, maka fungsinya soal pencabutan ormas sesuai norma hukum atau tidak, dan bukan kemudian harus meminta persetujuan pengadilan,” ujarnya.

Sebab, dalam kondisi yang terjadi beberapa tahun terakhir, katanya ada ormas yang diduga cenderung melakukan ikhtiar membelakangi Pancasila dan NKRI.

Bahkan, tambah Ketua Umum DPP PPP ini, pemerintah sudah berkali-kali memberikan peringatan, tapi sepertinya belum berhenti hingga gerakan di luar batas kewajaran toleransi, sehingga disinyalir memicu pertengkaran dan perbedaan pandangan agama.

Hal ini kemudian menimbulkan persoalan, ketika pemerintah berhadapan dengan ormas-ormas yang memang dari sisi kemendesakan terlanjur terlalu lama dibiarkan di tengah suasana toleransi dan demokrasi.

Karena itu, ujar Romahurmuziy, maksud pemerintah bukanlah mengandangkan ormas tersebut, tapi dalam rangka menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, sehingga tidak adanya keresahan yang timbul akibat upaya pihak tertentu untuk memecah NKRI.

Romahurmuziy menambahkan, dengan dukungan tersebut, PPP juga mengajak parpol lain agar ikut memberikan dukungan penuh terhadap keberadaan Perppu Ormas untuk dijadikan sebagai undang-undang.

“Kami akan mengajak seluruh parpol yang ada di DPR, agar bersama-sama mendukung kebijakan pemerintah mengeluarkan Perppu sebagai undang-undang, sebagai dasar hukum untuk pembubaran ormas yang dianggap memecah-belah keutuhan NKRI,” ujarnya.

129total visits,2visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *