Ridwan Kamil Tak Persoalkan Pemutaran Film G30S/PKI

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil tidak mempermasalahkan jika ada rencana pemutaran film sejarah G30S/PKI di Kota Bandung. Menurutnya, wajar jika dalam sejarah masih banyak perbedaan pendapat.

“Enggak ada masalah. Sejarah itu dalam pandangan saya selalu ada multitafsir. Sebaiknya, dalam menyimpulkan sejarah kita ambil sumber bandingan-bandingan yang lain,” ujar Ridwan Kamil di Pendopo Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu, 20 September 2017.

Menurutnya, dengan situasi multitafsir saat ini, film tersebut jangan sampai dijadikan sumber utama untuk mengingat sejarah. Masyarakat diimbau cermat mencari sumber-sumber lain agar tidak menciptakan cara pandang keliru.

“Film itu salah satu sumber referensi, ada yang setuju, ada yang tidak setuju. Jadi supaya perspektif kita lengkap, cari juga pembanding yang lain,” ujarnya.

Oleh karena itu, Pemerintah Kota Bandung tidak akan mempersoalkan jika ada rencana pemutaran film PKI.

“Sehingga kita dalam mengambil kesimpulan sejarah, bisa lebih. Jadi, di Bandung mahtidak melarang, tidak menganjurkan. Jadi dibebaskan, seperti tahun-tahun dulu, tidak akan diformalkan,” katanya.

83total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *