Resmikan Pasar Rakyat Maros, Jokowi Bagi-Bagi Batik

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan Pasar Rakyat Maros Baru, Sulawesi Selatan. Peresmian Pasar ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita.

Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi tiba di Pasar Maros Baru pukul 08.00 WITA. Kendaraan yang ditumpangi Jokowi menyusuri jalan sempit selebar 2,5 meter sepanjang 1,5 km sebelum sampai ke lokasi.

Setibanya di lokasi, Jokowi berjalan kaki dari pinggir jalan menuju pintu masuk pasar. Jalan bertanah basah tak menghentikan langkah Jokowi menuju pasar.

Jokowi ditemani Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo dan Bupati Maros Hatta Rahman. Jokowi lalu menandatangani prasasti peresmian Pasar di Desa Pallantikang, Maros Baru, Maros, Sulawesi Selatan.

Tak seperti biasanya, proses pemotongan pita dilakukan oleh perwakilan pedagang. Jokowi dan Iriana hanya menyaksikan sekaligus mendampingi proses gunting pita.

Selepas itu, Jokowi dan Iriana yang kompak mengenakan baju putih berkeliling pasar. Pasar rakyat bertema modern itu terbagi menjadi dua. Ada daerah pasar kering dan area basah.

Lapak pedagang pun terlihat berbeda. Pedagang duduk sama tinggi di atas lapak beserta barang dagangan. Tidak ada kursi untuk duduk seperti di lapak pasar pada umumnya.

Pasar seluas satu hektare ini memiliki 278 unit ruangan, terdiri atas 44 unit kios, 98 lot, lapak kering 56, dan lapak basah 40. Sisanya gedung, ruangan pengelola, musala, toilet, ruang menyusui, dan ruangan merokok.

Jokowi dan Iriana tampak asyik berbincang dengan para pedagang. Sekitar 15 menit, Jokowi menyambangi para pedagang.

Setelah itu, Jokowi tampak menyalami warga yang sudah berkumpul di depan pasar. Sebagian dari mereka diizinkan foto bersama.

Beberapa warga mendapatkan kain batik dari Jokowi. Sedangkan, para siswa mendapatkan buku tulis.

Tidak hanya di pasar, Jokowi juga membagikan buku, batik, dan kaos kepada warga yang berkumpul di pinggir jalan. Beberapa kali mobil kepresidenan RI-1 yang ditumpangi Jokowi berhenti. Saat itulah Jokowi dibantu Paspampres membagikan buku, batik, dan kaos.

Jokowi kemudian menuju Bandara Sultan Hassanudin, Makassar untuk melanjutkan perjalanan ke Balikpapan, Kalimantan Timur.

136total visits,2visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *