Resmi! PM Spanyol Bubarkan Pemerintah Regional Catalunya

Perdana Menteri (PM) Spanyol, Mariano Rajoy, langsung bergerak cepat usai deklarasi kemerdekaan dari Parlemen Daerah Catalunya. Pria berkacamata itu memenuhi janjinya untuk membubarkan pemerintah regional Catalunya dan memecat Presiden Carles Puigdemont.

Langkah Madrid itu sudah disahkan oleh Senat lewat pemungutan suara yang berlangsung tidak lama setelah deklarasi kemerdekaan. Pemerintah Pusat Spanyol berhak untuk menerapkan pemerintahan langsung di Catalunya demi mengembalikan normalitas di wilayah otonomi khusus tersebut.

“Situasi ini sangat menyedihkan. Kami tidak pernah menginginkan situasi menjadi seperti ini,” ucap Mariano Rajoy, melansir dari BBC, Sabtu (28/10/2017).

Pria berusia 62 tahun itu lantas mengumumkan penyelenggaraan pemilihan umum (pemilu) daerah Catalunya pada 21 Desember mendatang. Rajoy berjanji pemilu tersebut akan berlangsung dengan bebas, bersih, dan legal.

“Kami yakin sangat penting untuk mendengar warga Catalunya, mereka semua, bahwa mereka bisa memutuskan masa depannya sendiri dan tidak ada yang boleh bertindak di luar hukum dengan dalih sebagai perwakilan,” tambah Mariano Rajoy, mengutip dari Reuters.

Dengan demikian, pemerintah Spanyol akan mengambil alih keuangan dan kebijakan di wilayah otonomi Catalunya. Pencabutan wewenang tersebut sudah sesuai dengan Pasal 155 Konstitusi Spanyol yang berlaku sejak reformasi pada 1978.

Sebagaimana diberitakan, Parlemen Catalunya memutuskan untuk mendeklarasikan kemerdekaan setelah melalui pemungutan suara yang menghasilkan angka 70-10. Tidak lama kemudian, Senat Spanyol mengesahkan usulan Madrid untuk membubarkan pemerintah Catalunya lewat mekanisme pemilihan suara dengan hasil 214-74.

165total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *