Qatar Klaim Konflik Diplomatik Tak Ganggu Persiapan Piala Dunia 2020

0

Otoritas Qatar mengklaim konflik diplomatik yang saat ini menyeret negaranya tidak menganggu proses persiapan sebagai tuan rumah Piala Dunia 2020. Pemutusan hubungan diplomatik yang dilakukan Arab Saudi dan sekutunya sempat dikhawatirkan menganggu perhelatan pesta sepak bola tersebut mengingat adanya sanksi ekonomi yang dijatuhkan ke Qatar.

Sebagaimana dikutip dari Middle East Monitor, Jumat (16/6/2017) FIFA pada pekan lalu menyatakan, terus berhubungan dengan komite Piala Dunia di Qatar usai Arab Saudi, Bahrain, Uni Emirat Arab dan Mesir memutus hubungan diplomatik dengan Doha yang diklaim mendukung terorisme.

“Saya dapat mengonfirmasi kepada semua orang bahwa sama sekali tidak ada dampak pada kemajuan pekerjaan di fasilitas Mondia dan pekerjaan berjalan normal,” ujar Direktur Eksekutif Persiapan Piala Dunia Qatar, Ghanim al-Kuwari. Ia bahkan menyatakan, proyek Piala Dunia 2020 telah rampung sekira 45 persen.

Hal utama yang dikhawatirkan adalah bahan bangunan yang dibutuhkan untuk membangun stadion. Pasalnya mayoritas bahan bangunan itu datang melalui jalur daratnya tepanya dari Arab Saudi.

Dengan pemutusan hubungan diplomatik maka jalur itu telah ditutup. Namun Al-Kuwari menegaskan, pemasok alternatif telah diorganisir dari wilayah lain sehingga proyek pembangunan stadion Piala Dunia tidak ikut terkena dampak konflik diplomatik yang menimpa Qatar.

146total visits,1visits today

Share.

About Author

Leave A Reply