Proses Perekaman E-KTP Sudah 96%

Pemerintah terus mempercepat proses perekaman E-KTP untuk persiapan pilkada 2018 dan pemilu 2019. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menjelaskan saat ini sudah terekam 96 persen. Tinggal 2-3 juta penduduk yang belum melakukan perekaman.

“Kita evaluasi soal E-KTP yang sudah terekam,” kata Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo usai rapat koordinasi di Kementerian Polhukam, Jakarta, Senin (30/10).

Menurutnya, warga yang belum terekam diperkirakan kebanyakan dari Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang berada di luar negeri. Warga dalam negeri juga ada tetapi tidak terlalu banyak.

“Kami mengharapkan proaktif dari warga juga. Pemerintah tidak bisa jemput bola terus,” tutur Tjahjo.

Dia berharap warga yang belum melakukan perekaman tidak menganggu pelaksanaan pilkada 2018 dan Pemilu 2019. Apalagi pada pemilu 2019, pemilu sudah berbasiskan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

“Masih ada sekitar 2-3 juta yang belum rekam ulang. Yang belum rekam ulang enggak bisa pemerintah jemput bola tapi sama-sama warga proaktif. Dari 3 jutaan, yang paling banyak TKI dan TKW yang kerja dan tinggal di luar negeri. Mereka kalau mau menyoblos besok jangan kayak DKI kemarin, tahu-tahu pulang ke TPS. Ya datanya enggak ada dong. Harus mulai sekarang rekam data supaya jangan double‎,” saran Tjahjo.

26total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *