Presiden Ajak Masyarakat Teladani Piagam Madinah

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak seluruh elemen masyarakat meneruskan serta merealisasikan kenabian Nabi Muhammad SAW dalam kehidupan yang penuh toleransi dan persaudaraan dalam berbangsa.

Presiden Jokowi menyatakan, umat Islam harus mewujudnyatakan dalam kehidupan berbangsa, Islam yang rahmatan lil ‘alamin dengan kesalehan individual dan kesalehan sosial.

“Keberhasilan Nabi Muhammad SAW dalam membangun Kota Madinah sebagai teladan masyarakat dunia adalah bukti nyata dari realisasi misi kenabian beliau. Dan, kita harus mampu membangun Madinah, Madinah yang baru. Membangun masyarakat Indonesia yang damai, adil, dan makmur,” kata Presiden Jokowi saat berpidato pada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1439 Hijriah di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Kamis (30/11).

Presiden Jokowi mengatakan, Piagam Madinah merupakan terobosan besar toleransi dan persaudaraan. Kota Madinah adalah bukti dari keadilan, bukti penghormatan dan penegakan hukum.

“Masyarakat sebelumnya dipenuhi konflik yang berkepanjangan, kemudian menjadi masyarakat yang faham dan taat hukum yang menjaga kepentingan bersama,” katanya.

Selain itu, katanya, Madinah juga menjadi bukti nyata dari sistem perekonomian yang berkeadilan, yang mengedepankan kesejahteraan bersama dan pemerataan.

Madinah adalah bukti kerukunan persatuan dan lintas etnis, kerukunan lintas klan, kerukunan lintas agama, dan juga antar kelompok pendatang, kelompok muhajirin dengan kelompok Ansor.

Dikatakan, Piagam Madinah merupakan terobosan besar toleransi dan persaudaraan. Madinah adalah bukti dari keadilan, bukti penghormatan dan penegakan hukum.

“ Sekali lagi, tugas kita adalah melanjutkan misi kenabian tersebut menjadi nyata. Misi Islam yang rahmatan lil ‘alamin dalam kehidupan sehari-hari,” katanya.

Presiden Jokowi mengatakan, orang tua wajib mengajarkan kepada anak-anaknya agar meneladani Rasulullah yang uswatun hasanah, berwatak mulia, lemah lembut, jujur, santun, amanah, dan selalu menyampaikan kebenaran.

“Mari kita sama-sama berlaku adil, menghormati hak orang lain, menghormati hukum dan menjaga penegakan hukum,” katanya.

106total visits,3visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *