Polisi Tegaskan Perayaan Tahun Baru Jangan Dikotori Miras dan Mercon

Warga dilarang keras menyalakan petasan (mercon) dan mengonsumsi minuman keras (miras) untuk merayakan malam pergantian Tahun Baru 2018. Polisi akan meningkatkan pengamanan, termasuk menggelar operasi ke berbagai tempat yang diduga digunakan sebagai lokasi pesta mabuk-mabukan.

“Kita larang masyarakat membunyikan mercon-mercon. Kita sudah melakukan operasi-operasi dari sumbernya, yakni rumah-rumah yang memproduksi mercon,” kata Kapolda Jawa Tengah Irjen Condro Kirono usai acara Refleksi Akhir Tahun 2017 di Mapolda Jateng, Jumat 29 Desember 2017.

Beberapa daerah yang selama ini dikenal sebagai tempat pembuatan petasan disisir untuk mencari petasan dan serbuk mesiu sebagai bahan dasarnya. Ia mengungkapkan, dalam operasi itu tidak hanya menyita barang bukti berupa bahan obat pembuat mercon, tetapi sekaligus menangkap perajinnya.

“Sudah dilakukan operasi dan penangkapan-penangkapan di Tegal, beberapa kilogram bahan obat (petasan). Kemudian di Wonosobo. Ada pula di Demak. Selanjutnya di Banyumas juga sudah kita lakukan,” terangnya.

Setidaknya 21.000 personel kepolisian dikerahkan untuk mengamankan malam pergantian tahun baru agar berjalan aman dan kondusif. “Termasuk juga operasi miras, supaya tahun baru bisa berjalan lebih kondusif, tidak ada yang mabuk-mabukan di jalan, termasuk operasi di tempat yang ilegal,” tegasnya.

Sebagaimana diberitakan, pasukan pengamanan akan diterjunkan usai mengikuti apel gelar pasukan yang dilaksanakan serentak pada Minggu 31 Desember 2017. Polisi juga telah memetakan titik-titik keramaian yang bakal menjadi konsentrasi massa untuk menunggu detik-detik malam pergantian tahun.

“Beberapa wilayah kabupaten yang memusatkan kegiatan pergantian tahun di suatu ruas jalan atau suatu titik, seperti di Solo di Jalan Slamet Riyadi. Di Semarang di seputaran Tugu Muda dan Balai Kota. Serta, beberapa titik di alun-alun di berbagai kota,” jelasnya.

194total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *