Polisi Kembali Tangkap Tersangka Terkait Bom Panci di Bandung

Polisi kembali menangkap seorang tersangka berinisial AR (24) yang terlibat dalam perencanaan peledakan bom panci di Bandung. Penangkapan terhadap AR berlangsung di Kampung Parigi, Ciparay, Kota Bandung, Kamis (13/7).

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Jawa Barat, Komisaris Besar Yusri Yunus mengatakan penangkapan AR karena keterlibatannya dalam membantu perakitan bom panci yang direncanakan untuk diledakkan di Bandung bersama tiga tersangka yang sudah ditangkap sebelumnya. “Mereka baru awal membuat bom dan menggunakan bom dan berniat membuat jaringan baru,” kata Yusri dalam pesan singkatnya.

Sel baru Jamaah Ansharut Daulah (JAD) ini terungkap pascaterjadinya ledakan di kamar kontrakan AW di kawasan Buah Batu, Bandung, akhir pekan lalu. Setelah menangkap AW, polisi juga menangkap K dan AAW.

Kelompok ini, sambung Yusri, tidak memiliki kaitan dengan JAD Bandung Raya yang melakukan aksi teror di Kampung Melayu dan Cicendo Bandung. Mereka belajar memahami ideologi dan ajaran JAD secara otodidak melalui media internet.

Para tersangka ini berniat melakukan perjalanan ke luar negeri usai melakukan teror di Bandung. Polisi menemukan kesamaan pada empat tersangka ini. Berdasarkan hasil penggeledahan, polisi menemukan paspor baru serta sejumlah dokumen yang merujuk pada baiat terhadap ISIS. “Hampir semuanya memiliki paspor dan senjata tajam,” kata Yusri.

Polisi sampai saat ini masih melacak kemungkinan adanya pelaku atau jaringan lain yang berkaitan dengan kelompok ini. “Ketua dari kelompok ini adalah AW dan sering berkumpul di kediaman AW,” tambah Yusri.

Berdasarkan hasil interogasi terhadap salah satu dari anggota kelompok ini, mereka telah merancang aksi teror di sejumlah tempat di Kota Bandung pada 16 Juli 2017. Sebelum itu, Yusri mengatakan, kelompok ini pun telah mencoba meledakan bom di dua tempat di Kota Bandung, di antaranya, di cafe di kawasan Braga dan restoran di Astana Anyar. Aksi mereka gagal karena dua bom terdahulu gagal meledak.

148total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *