PKS dan Gerindra Berpeluang Koalisi di Pilgub Jatim

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) berpeluang berkoalisi dengan Gerindra di Pilgub Jatim 2018 mendatang.

Karena sudah terbukti, koalisi PKS-Gerindra berhasil mengantarkan pasangan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno memenangkan Pilgub DKI.

Sekretaris DPW PKS Jatim Irwan Setiawan mengatakan, semua kemungkinan itu tetap terjadi. Termasuk melakukan koalisi dengan Partai Gerindra.

“Memang ada usulan itu, kami sepakat melakukan koalisi dengan Gerindra (seperti di Pilgub DKI Jakarta). Semuanya diserahkan pada masing-masing partai,” ujar pria yang akrab disapa Kang Irwan tersebut, Kamis (28/9).

Kendati demikian, dia mengaku bahwa pihaknya masih melakukan kajian mendalam guna menentukan arah koalisi. Juga soal menentukan rekomendasi calon mana nantinya yang bakal diusung oleh partainya.

“Perkembangan belum ada. Masih melihat dinamika politik yang ada,” ungkapnya. Disebutkannya, setidaknya perkembangan signifikan nanti akan mulai terlihat masuk bulan Desember mendatang.

“Saya pikir rekomendasi akan turun pada bulan Desember, pendaftaran kan Januari. Waktunya masih panjang dan kita akan melakukan kajian politik terlebih dahulu,” beber pria yang juga menjabat sebagai anggota DPRD Jatim tersebut.

Perihal partainya yang disebutkan mengarahkan dukungan ke Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf, Kang Irwan menyebutkan, hal tersebut belum terjadi.

Meski beberapa waktu lalu partainya sempat diundang dalam sebuah acara di Banyuwangi yang kebetulan dihadiri Gus Ipul dan ketua PWNU Jatim KH Mutawakil Alallah.

“Belum ada rekomendasi sampai sekarang. Siapa yang bilang. Tidak ada pembicaraan ke arah sana kok. Tapi komunikasi jalan terus,” urai Kang Irwan tanpa menyebut detail siapa saja nama yang sudah komunikasi intens dengan pihaknya.

Seperti diketahui, sampai saat ini ada dua kandidat kuat dalam Pilgub Jatim2018. Mereka adalah Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf dan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa.

Gus Ipul kemungkinan akan didukung PDIP dan PKB. Sementara Khofifah dikabarkan sudah mendapatkan kendaraan yakni Golkar, Nasdem, PPP, dan Hanura.

235total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *