Pertamina Tunggu Putusan Pemerintah terkait Sistem Distribusi Tertutup LPG 3 Kg

Pemerintah berencana menerapkan sistem distribusi elpiji tertutup guna menjamin pasokan dan harga LPG 3 kg tepat sasaran.

Sistem distribusi tertutup ini akan menggunakan sistem pembayaran non-tunai mulai dari Pertamina, agen, sampai ke pangkalan elpiji.

Mengenai rencana ini, SVP Non Fuel Marketing PT Pertamina, Basuki Trikora menuturkan Pertamina siap mendukung program tersebut.

Namun untuk waktu realisasi pemerintah mengikuti keputusan pemerintah yakni Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

“Kami tidak bisa mengandai-ngandai kapan akan dilaksanakan. Prinsipnya kalo Pertamina diberikan penugasan di dalam suplai dan distribusi LPG, tentunya kita siap melakukan itu,” ungkap Basuki saat ditemui di kantor pusat Pertamina, Jakarta Pusat, Jumat (15/12/2017).

Pertamina juga mengaku siap menjalankan tahapan-tahapan yang akan dibuat pemerintah termasuk sistem pendistribusian nantinya.

“Sampai saat ini memang sistemnya masih terbuka. Namun demikian kalau (distribusi) itu juga dilakukan, itu kan ada tahapan-tahapannya sehingga nanti Pertamina akan menyesuaikan dengan tahapan-tahapan,” kata Basuki.

Rencananya program tersebut akan direalisasikan tahun 2018, namun karena masalah pendataan program ini akan berlangsung pada 2019.

68total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *