Peringati Maulid Nabi, Jokowi Ajak Bangun Madinah Baru

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak seluruh umat Islam di Indonesia untuk mewujudkan misi kenabian Rasulullah Muhammad SAW. Yakni untuk mewujudkan Islam yang membawa rahmat bagi semesta.

Berbicara pada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1439 H di Istana Kepresidenan Bogor, Kamis (30/11) malam, Jokowi mengatakan, misi kenabian pertama adalah mengajak umat manusia bertakwa kepada Allah yang berarti mewujudkan kesalehan individual. “Misi kenabian kedua adalah kesalehan sosial, yaitu membuktikan bahwa Islam adalah rahmatan lil’alamin,” ucap Jokowi.

Karena itu dia mengajak umat Islam di Indonesia mewujudkan kesalehan individual dan sosial. Menurutnya, keberhasilan Nabi Muhammad dalam membangun Kota Madinah sebagai teladan bagi masyarakat dunia merupakan bukti nyata dari realisasi misi kenabian Rasulullah kelahiran Mekah itu.

“Dan, kita harus mampu membangun Madinah-Madinah yang baru. Membangun masyarakat Indonesia yang damai, adil, dan makmur,” ujar mantan gubernur DKI Jakarta itu.

Lebih lanjut Jokowi mengatakan, Madinah merupakan kota yang sangat maju pada zaman Nabi Muhammad. Era kemajuan Madinah dengan masyarakat madaninya menjadi bukti nyata Islam sebagai rahmatan lil ‘alamin.

“Madinah adalah bukti kerukunan persatuan dan lintas etnis, kerukunan lintas klan, kerukunan lintas agama, dan juga antar kelompok pendatang,  kelompok muhajirin dengan kelompok Ansor,” tuturnya.

Presiden juga mengajak para orang tua agar mengajari anak-anak mereka untuk meneladani Rasulullah sebagai uswatun hasanah yang berwatak mulia, lemah lembut, jujur, santun, amanah dan selalu  menyampaikan kebenaran. “Mari kita sama-sama berlaku adil, menghormati hak orang lain, menghormati hukum dan menjaga  penegakan hukum,” pungkasnya.

94total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *