Perhatikan Kondisi Keuangan Ini Usai Libur Lebaran

0

Libur Lebaran 2017 hampir usai. Sejumlah kegiatan pun sudah dilakukan mulai bersilaturahmi, jalan-jalan ke tempat wisata, dan ke rumah saudara, serta bahkan berbelanja. Kegiatan tersebut mungkin merogoh kocek Anda lebih dalam.

Lalu apa yang harus dilakukan usai libur Lebaran yang cukup habiskan uang Anda?

Perencana Keuangan One Shildt Financial Consulting Budi Raharjo menuturkan, coba lihat kondisi keuangan usai libur Lebaran. Pertama cek sisa uang yang ada, apalagi bila Anda mengambil dana jalan-jalan dan belanja dari gaji. Pastikan sisa uang tersebut cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Pastikan sisa uang yang Ada. Bila cukup hingga 20 hari ke depan dan hingga pembayaran gaji berikutnya pastikan itu harus dikontrol,” ujar Budi saat dihubungi Liputan6.com, seperti ditulis Sabtu (1/7/2017).

Kedua, cek utang. Budi menuturkan, selama libur Lebaranmungkin ada transaksi utang baru misalkan menggunakan kartu kredit. Sebaiknya utang tersebut segera diselesaikan agar tidak menimbulkan masalah ke depan seperti bunga menumpuk. “Usai terima gaji nanti segera selesaikan utang,” tutur Budi.

Ketiga, cek saldo dana darurat. Budi mengatakan, bisa mengambil sebagian dana darurat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari untuk mengantisipasi dana yang sudah habis digunakan saat Lebaran. Kemudian usai mendapatkan gaji sebaiknya juga segera mengisi dana darurat yang sudah diambil tersebut. Ini agar dana darurat kembali utuh dan mengantisipasi kebutuhan lain yang sangat penting ke depan.

Kemudian keempat, cek pengeluaran besar dalam dua bulan ke depan. Ini agar mempersiapkan dana untuk pengeluaran tersebut. Menyiapkan dana lebih awal maka lebih baik.

142total visits,1visits today

Share.

About Author

Leave A Reply