Penyelundupan Sabu asal Taiwan yang Disembunyikan dalam Forklift Terbongkar

Polisi membongkar penyelundupan sabu dari Taiwan ke Indonesia yang disembunyikan dalam alat berat berjenis forklift yang telah dimodifikasi.

Wakapolda Metro Jaya Brigjen Pol Purwadi mengatakan, polisi menetapkan tiga orang sebagai tersangka dalam kasus itu, yakni AD (39), RH (39), dan SG (43).

“Kami sita metafetamin atau yang dikenal dengan sabu seberat 86,2 kilogram, serbuk warna oranye 41 gram, dan serbuk warna putih 58 gram,” kata Purwadi di Mapolda Metro Jaya, Kamis (2/11/2017).

Purwadi menjelaskan, pengungkapan kasus itu berawal setelah anggota Ditresnarkoba Polda Metro Jaya mendapat informasi adanya pengiriman narkoba dari Taiwan yang dibawa menggunakan kontainer. Kontainer tersebut rencananya akan dikirim dari Marunda menuju kawasan Tangerang.

“Modusnya memasukkan barang ini untuk dikirim antar negara dari Taiwan ke Indonesia dengan memasukkan ke dalam kendaraan,” kata dia.

Saat mengetahui ada penyelundupan narkoba di dalam kontainer, polisi tak langsung melakukan penangkapan di Marunda. Polisi menunggu hingga barang itu dikirim ke sebuah bengkel forklift di kawasan Tangerang.

“Kitami biarkan barang ini sampai ke pemiliknya dan kami penindakan pada saat barang sampai dan sudah dibuka, diturunkan, dan bodi penyimpanan sudah dibongkar tersangka, lalu kami tegakkan upaya hukum,” kata Diresnarkoba Polda Metro Jaya Kombes Suwondo Nainggolan menambahkan.

Menurut Suwondo, penyelundupan sabu tersebut cukup rapi. Mesin X-Ray di pelabuhan tak bisa mengendus keberadaan barang haram itu.

“Forkliftnya dimodifikasi. Dilapisi besi dan timah. Dibungkus plastik keras dua lapis baru dibungkus pakai gemuk. Dia bikin bodi yang isinya sudah ada sabu baru dipasang (ke froklift). Dikemas dengan lapisan oli sehingga tidak terdeteksi x-ray,” kata Suwondo.

136total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *