Pengadaan Logistik Pemilu 2019 Akan Gunakan Katalog Elektronik Pemilihan

Komisi Pemilihan Umum akan menggunakan katalog elektronik atau e-catalogue dalam proses pengadaan barang logistik untuk pemilu 2019. E-catalogue ini akan diproses oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) atas pengajuan dari KPU.

“Penggunaan e-catalogue ini untuk mendapatkan penyedia logistik pemilu yang sesuai dengan kompetensi di bidangnya dan memberikan kemudahan kepada kami sebagai pengguna sehingga mudah mengontrol pengadaan barang di seluruh Indonesia,” ujar Sekretaris Jenderal KPU Arif Rahman pada acara pertemuan KPU dengan Pimpinan Perusahaan Penyedia Barang/Jasa & instansi terkait di Hotel Santika Premiere, Hayam Wuruk, Jakarta, Rabu (13/12).

Arif mengatakan ada beberapa keuntungan dari penggunaan e-catalogue dalam proses pengadaan barang dan jasa. Pertama, kata dia, tidak ada lagi tender atau lelang. Pengadaan cukup klik melalui e-purchasing dan tidak perlu ada harga perkiraan sementara (HPS).

“Manfaat kedua, penggunaan e-catalogue lebih efisien karena menghemat sumber daya baik manusia, waktu dan biaya,” ungkap dia.

Manfaat ketiga, lanjut dia, penggunaan e-catalogue lebih transparan karena harga barang/jasa dan spesifikasi teknis bisa diaksea oleh siapa saja. Selain itu, dengan e-catalogue, KPU bisa memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan.

“Dengan e-catalogue, kita bisa memilih produk sesuai dengan kualitas, merk, fungsi dan layanan yang diberikan,” tandas dia.

Manfaat berikutnya, kata Arif, pihaknya akan memperoleh pengurangan biaya atau cost reduction melalui pemotongan rantai distribusi dan konsolidasi pengadaan. Penggunaan e-catalogue juga membuat pengadaan lebih akuntabel.

“Terakhir, penggunaan e-catalogue ini sesuai dengan program pemerintah. Dalam hal ini, kami tentunya mendukung pelaksanaan kebijakan atau program pemerintah,” ungkap dia.

Lebih lanjut, Arif mengatakan penggunaan e-catalogue sudah dilakukan sejak Pilkada 2017. Saat ini, tutur dia, dalam e-cataloguesudah terdapat surat suara, tinta, segel dan hologram.

“Karena itu, kami akan mengajukan beberapa daftar logistik lagi kepada LKPP untuk dimasukan dalam e-catalogue, seperti bilik suara, alat peraga kampanye, bahan kampanye, buku panduan PPK dan KPPS,” pungkas dia.

99total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *