Pemprov DKI Akan Kirim 10 Keluarga untuk Transmigrasi

Pemprov DKI Jakarta akan mengirim 10 keluarga untuk bertransmigrasi ke Gorontalo dan Sulawesi Tenggara pada 2017.

“Rencana 2017 hanya 10 KK. Nanti orangnya akan diseleksi untuk ke Gorontalo lima KK dan Sulawesi Tenggara lima KK,” ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DKI Jakarta Priyono di Jakarta, seperti dikutip dari Antara, Sabtu (8/7/2017).

Transmigran akan mendapat rumah dan lahan seluas dua hektare atau disesuaikan dengan harga tanah saat sampai ke daerah tujuan.

“Nanti Agustus kami mulai pendaftaran. Biasanya akhir tahun dapat info kesiapan daerah di sana,” ucap dia.

Untuk persyaratan warga Ibu Kota yang ingin mendaftar, harus memiliki KTP DKI Jakarta, tidak mempunyai tempat tinggal tetap dan berjiwa usaha tinggi dan ulet.

Selain untuk pemerataan dan penyebaran penduduk, transmigrasi diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat saat sampai di daerah tujuan.

“Di sana penting kesiapan orang. Kalau tidak mempunyai cita-cita atau malas sama saja. Tujuannya kan memperbaiki hidup di sana,” kata Priyono.

Ada pun pada 2016 keluarga yang dikirim untuk transmigrasi sebanyak 11 keluarga dan terdiri atas 39 orang.

Daerah tujuan pada tahun sebelumnya adalah Kalimantan Tengah sebanyak enam keluarga beranggotakan 18 orang dan Sulawesi Utara sebanyak lima keluarga beranggotakan 21 orang.

Priyono menuturkan setiap tahun animo masyarakat untuk mengikuti transmigrasi sangat besar, tetapi kuota yang diberikan kini telah dikurangi dibanding awal tahun 2000-an hingga mencapai ratusan keluarga.

166total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *