PDIP Masih Mungkin Usung Kembali Ganjar di Pilgub Jateng

0

PDI Perjuangan (PDIP) membuka peluang untuk kembali mengusung petahana Ganjar Pranowo sebagai bakal calon gubernur pada pemilihan gubernur (Pilgub) Jawa Tengah 2018. Hal itu diungkapkan Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, ketika ditanyai wartawan, Minggu (12/8).

“PDIP memberikan kesempatan pada incumbent untuk dicalonkan kembali dan tahapan partai tinggal melakukan evaluasi,” kata Hasto.

Incumbent mendapatkan skala prioritas untuk dicalonkan meskipun itu bukan jaminan.”

Kata Hasto, PDIP punya tradisi bahwa setiap kepaala daerah harus mampu menjalankan tugas, terutama untuk membumikan Pancasila. Lalu diberikan kesempatan untuk memimpin kembali karena satu periode (lima tahun) tak cukup untuk menyelesaikan semua pekerjaan.

Tradisi mencalonkan kembali petahana di periode kedua juga sudah terbukti ketika PDIP mengusung Jokowi saat masih jadi wali kota Solo, Tri Rismaharini sebagai wali kota Surabaya, Azwar Anas sebagai bupati Banyuwangi, dan bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo.

Diakui dia juga, pihaknya tentu akan mempertimbangkan nama Ganjar yang disebut-sebut terkait kasus dugaan korupsi KTP Elektronik. Namun pihaknya juga berprinsip praduga tak bersalah. Maka Ganjar pun sudah diklarifikasi oleh DPP PDIP, dan sejauh ini apa yang dituduhkan itu terpatahkan.

“Tapi proses hukum sedang berjalan, kami tak intervensi. Kami dukung prosesnya,” kata Hasto.

“Yang jelas kami tak pernah mencalonkan ketika di tengah jalan jadi tersangka. Kami tak pernah mencalonkan yang bermasalah hukum. Namun kami gunakan juga asas praduga tak bersalah.”

51total visits,2visits today

Share.

About Author

Leave A Reply