Partai Pemerintah RI dan Jepang Kerja Sama Tanggulangi Bencana

DPP PDIP bersama partai koalisi pendukung pemerintah, bertemu utusan khusus Perdana Menteri Jepang, Sekjen Partai Liberal Demokratik Jepang, dan Presiden Liga Parlemen Jepang.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, pertemuan tersebut sudah menemui kesepakatan. Dimana salah satunya mendorong kerja sama soal penanggulangan bencana.

“Kami sambut baik kerja sama untuk menanggulangi bencana, mengingat kondisi geografis Indonesia dan Jepang sama, negara kepulauan, maritim,” ucap Hasto di kantor DPP PDIP, Jakarta, Kamis 18 Januari 2018.

Bentuk geografis Indonesia dan Jepang yang sama, lanjut Hasto, menyebabkan potensi bencana cukup besar, apalagi dua negara ini dilalui oleh cincin api atau ring of fire.

“Jadi kemampuan mitigasi bencana sangat diperlukan,” kata Hasto.

Selain itu, lanjut Hasto, PDIP dan parpol pendukung pemerintah akan mendorong pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla untuk meningkatkan pengembangan infrastruktur. Terutama mewujudkan Indonesia menjadi poros maritim dunia.

“Kami mendorong upaya peningkatan kerja sama kedua pemerintah dalam aspek pengembangan infrastruktur, mewujudkan Indonesia menjadi poros maritim dunia. Kemudian juga tukar menukar pelajar dan kader parpol dari seluruh pengusung Jokowi dengan LDP (Liberal Democratic Party Japan),”Hasto menuturkan.

Berharap Persahabatan Terjalin

Salah satu perwakilan dari Partai Demokrasi Liberal Jepang, Miyauchi Hideki, berharap persahabatan dengan Indonesia, terlebih dengan para partai politik Indonesia, terjalin.

“Kami sudah bertukar pandangan dan bahas banyak soal bidang, supaya kita meningkatkan pertukaran antar warga di berbagai bidang. Saya percaya untuk meningkatkan hubungan, kita bertukar pandangan bersama dan makan bersama, itu akan sangat menguntungkan dua negara,” jelas Hideki.

Hideki mengungkapkan, dalam pertemuan tersebut pembicaraan dilakukan sambil bersantap. Dia pun berharap PDIP dan parpol lain bisa menjajal makanan khas Jepang di negeri matahari terbit tersebut.

“Terimakasih banyak atas kesempatan istimewa ini. Kita harap kita bisa ketemu di Jepang dan mencicipi makanan khas Jepang,” ucap Hideki.

Mendengar itu, Hasto langsung menimpai bahwa para delegasi Jepang yang menggunakan pakaian batik, disuguhkan makanan nasi liwet, sehingga merasakan khas Indonesia.

“Jadi tadi kita makan nasi liwet. Hari ini tindak lanjut untuk peringati 60 tahun kerja sama antara Indonesia dan Jepang,” pungkas Hasto.

106total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *