Partai Demokrat Lolos Verifikasi Faktual

Partai Demokrat akhirnya dinyatakan memenuhi syarat verifikasi faktual yang dilakukan KPU, Minggu (28/1/2018) malam. Partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu telah melengkapi tiga syarat verifikasi faktual.

Komisioner KPU Viryan mengatakan, pihaknya sempat menskors verifikasi lantaran ada tiga pengurus wanita yang masuk kepengurusan DPP Partai Demokrat belum hadir. Padahal, kehadiran ketiganya dinilai penting untuk memenuhi syarat kuota 30 persen keterwakilan di DPP.

“Skors dicabut ya. Tadi kita telah menyaksikan di bawah ya. Yang pertama ada Ibu Erma Farida dan pengurus perempuan di dalam mobil. Dan satu lagi ada Ibu Vivi yang baru melahirkan dan sudah menyerahkan KTA dan KTP-nya,” kata Viryan di Kantor DPP Partai Demokrat di Jalan Wisma Proklamasi, Jakarta Pusat.

Viryan pun mengapresiasi langkah DPP partai yang mengusahakan untuk menghadirkan ketiga pengurus wanita dalam proses verifikasi.

“Kami apresiasi kebijakan dan komit pengurus Partai Demokrat. Perwakilan perempuan sudah 30 persen dan terpenuhi. Absen perempuan lebih dari 100 perempuan. Dengan demikian, kami hormati dan apresiasi, khususnya pengurus perempuan,” ucap dia.

Di tempat yang sama, Sekjen Partai Demokrat Hinca Panjaitan mengaku lega atas pernyataan KPU yang menyebut bahwa partai berlambang Mercy itu lolos. Menurut dia, komitmen untuk menyelesaikan verifikasi KPU tidak lain adalah dorongan Ketua Umum Partai SBY.

“Kemarin kami rapat sampai malam dipimpin langsung oleh Ketua Umum, memang semua (verifikasi faktual) harus tuntas hari ini. Ketua Umum (SBY) meminta kami untuk kerja-kerja politik yang tuntas, sehingga kami bisa kerjakan yang lain lagi,” kata Hinca.

Terima kasih

Hinca menuturkan, adapun langkah selanjutnya, yaitu membantu dan mengawal verifikasi di tingkat DPC dan DPW. Terakhir Hinca tidak lupa mengucapkan banyak terima kasih kepada KPU atas verifikasi yang dilakukan.

“Atas nama pengurus, terima kasih. Tugas kita di DPP selesai, kita mulai besok akan memonitor verifkiasi di tingkat DPW dan DPC hingga 100 persen,” Hinca memungkasi.

84total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *