Para Guru di Biak Papua Harus Bisa Operasikan Komputer

Para guru di berbagai jenjang pendidikan di Kabupaten Biak Numfor, Papua harus bisa mengoperasikan komputer sebagai bagian peningkatan pendidikan anak-anak di daerah paling timur Indonesia itu. Demikian disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Biak Nico Buiney.

“Tenaga pendidik guru di Biak Numfor harus mengikuti kemajuan teknologi, ya jika sekarang tidak menguasai komputer harus belajar karena ini bentuk kemajuan harus dihadapi guru,” kata dia di Biak, Rabu (24/1/2018), menanggapi rendahnya kemampuan guru menguasai teknologi komputer.

Dia mengatakan tentang kondisi nyata dunia pendidikan saat ini di mana semua program pembelajaran siswa telah menggunakan perangkat komputer. Jika guru tidak dapat mengoperasikan komputer maka ia tak bisa menjelaskan pengetahuan dasar tentang pelajaran komputer kepada anak didiknya.

Nico Buiney mengatakan untuk menjadi seorang pengajar yang berkualitas, guru perlu memiliki empat kompetensi dasar yakni profesional, pedagogik, kepribadian, dan kemampuan sosial. Hal tersebut sesuai dengan Undang-Undang Nomor 14/2005 tentang Guru dan Dosen.

Dinas Pendidikan Pemkab Biak Numfor akan meningkatkan kemampuan dan kapasitas tenaga pendidik melalui program pelatihan pada 2017-2018. “Untuk menjadi guru yang profesional harus dapat melakukan perubahan dalam mengajar, ya salah satunya dapat mengoperasikan teknologi komputer,” kata Nico yang juga mantan Kepala SMA Negeri 1 Biak Kota itu.

Dinas Pendidikan Pemkab Biak Numfor melakukan pelatihan tentang peningkatan kemampuan tenaga pendidik dengan sasaran 500 guru pembelajar SD dan guru mata pelajaran Matematika, PPKn serta guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yang berlangsung pada 23-26 Januari 2018.

67total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *