Pakai Beskap, Jokowi Pasang Bleketepe Pernikahan Kahiyang-Bobby

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memasangkan bleketepe sebagai rangkaian prosesi pernikahan putrinya Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution. Pemasangan bleketepe dilakukan di kediaman Jokowi di Solo.

Pantauan Liputan6.com di lokasi, di kediaman Jokowi di Jalan Kutai Utara Kota Solo, Jawa Tengah, Selasa (7/11/2017), bleketepe dipasang pada pukul 08.23 WIB. Jokowi beserta Ibu Iriana Jokowi mengenakan beskap dan kebaya bewarna oranye.

Saat memasangkan bleketepe, Jokowi juga turut ditemani oleh putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka, bungsunya Kaesang Pangarep, Selvi Ananda yang merupakan istri dari Gibran, serta cucunya Jan Ethes Sri Narendra. Mereka juga kompak menggunakan beskap dan kebaya bewarna oranye.

Bleketepe adalah daun kelapa yang masih hijau dan dianyam dengan ukuran rata-rata 50 cm x 200 cm.

Bleketepe yang dipasang di Tarub dan mengelilingi area untuk pernikahan, merupakan perwujudan dari suatu tempat pensucian di kahyangan para dewa yang dinamakan Bale Katapi.

Pemasangan bleketepe biasanya dilengkapi dekorasi atau hiasan dari tumbuhan, seperti pohon pisang raja, pohon tebu, daun beringin, buah kelapa gading dan lainnya. Pemasangan bleketepe dilakukan sendiri oleh orang tua mempelai wanita, sebelum prosesi siraman.

Sejumlah menteri kabinet kerja turut hadir dalam prosesi sakral tersebut antara lain, Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Pandjaitan dan Menteri Sekertarus Negara Pratikno.

28total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *