Pagi Ini, Aceh Diguncang Gempa di 2 Titik

Pasca gempabumi tektonik berkekuatan 5,1 skala richter (SR) kemarin, pagi ini provinsi Aceh kembali diguncang gempabumi sebanyak 2 kali.

Kabid Data dan Informasi BMKG Wilayah I Medan, Syahnan mengatakan, gempabumi terjadi di 2 titik berbeda, Kamis (25/1/2018).

Gempa pertama berkekuatan magnitudo 3.2 SR pada pukul 05.39 WIB. Lokasi gempa di 29 kilometer tenggara kabupaten Gayolues dengan kedalaman 10 kilometer.

Gempa kedua berkekuatan magnitudo 3.5 SR pada pukul 06.45 WIB. Titik lokasi gempa di laut, 114 kilometer barat daya, kabupaten Aceh Barat dengan kedalaman 11 kilometer.

“Berdasarkan hasil analisis pada peta tingkat guncangan BMKG dan laporan dari masyarakat, sampai saat ini belum ada laporan kerusakan dari lapangan,” kata Syahnan.

Dari hasil observasi BBMKG Wilayah I Medan, tampak bahwa gempabumi ini termasuk dalam klasifikasi gempabumi dangkal (10 kilometer) yang disebabkan oleh aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia dan Eurasia.

“Kepada masyarakat disekitar lokasi gempa diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu-isu yang tidak bertangjungjawab. Masyarakat juga diimbau untuk mengikuti arahan Pemerintah daerah melalui BPBD dan mengikuti perkembangan informasi gempabumi susulan dari BMKG,” pungkas Syahnan.

88total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *