Obama Temui Jokowi Bisa Perkuat Hubungan AS-Indonesia

Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama sore ini akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Bogor. Komisi I DPR RI, berharap, Obama bisa menjadi jembatan hubungan harmonis dengan Amerika yang sekarang dipimpin Donald Trump.

“Semoga hubungan dengan Presiden Trump bisa seperti hangatnya hubungan Presiden Jokowi dengan Obama,” kata Anggota Komisi I DPR Bobby Adhityo Rizaldi, dalam pesan singkatnya, Jumat, 30 Juni 2017.

Bobby menekankan salah satu harapan adalah agar AS bisa memberikan dukungan kepada Indonesia masuk menjadi Dewan Keamanan PBB pada 2019. Meski sudah tak menjabat orang nomor satu di AS, Obama dinilai masih punya pengaruh di negeri Paman Sam tersebut.

Momentum pertemuan dengan Jokowi sore nanti diharapkan pererat hubungan antar dua negara.

“Sehingga jamuan bersama Presiden Jokowi, bisa merupakan gestur, bahwa Indonesia tetap bersama AS dalam meningkatkan hubungan bilateral nya,” ucapnya.

Ia menambahkan sinyal seperti ini perlu disampaikan, di tengah gencarnya arah pembangunan Indonesia yang terkoneksi dengan one belt one road.

“Bahwa Indonesia tetap memperjuangkan kepentingan bersama, hubungan bilateral dengan AS, sesuai dengan prinsip Politik Non-Blok,” paparnya.

Menurutnya pembicaraan hal tersebut sangat dimungkinkan. Meski dalam keterangan resmi protokoler istana, pertemuan antara Jokowi dan Obama bukan merupakan agenda khusus. Agenda pertemuan ini lebih mengedepankan ramah tamah sebagai sahabat antara Jokowi dengan Obama.

171total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *