Meski Tak Jadi Jurkam, Anies Tetap Dukung Sudirman di Pilgub Jateng

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memastikan tidak akan menjadi juru kampanye (Jurkam) bagi mantan Ketua Tim Sinkronisasi, Sudirman Said, yang maju menjadi calon Gubernur Jawa Tengah.

Menurutnya, bila ingin menjadi jurkam dalam sebuah kampanye pemilihan kepala daerah (Pilkada), maka calon kepala daerah harus mendaftarkan nama-nama jurkam dan tim pemenangan saat pendaftaran calon dilakukan.

“Nah saya tidak masuk dalam itu. Kalau saya disebut-sebut sebagai jurkam, saya bukan jurkam, karena tidak ada di dalam daftar nama jurkam,” kata Anies di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Rabu (21/2).

Tetapi kalau ditanya, apakah ia mendukung Sudirman Said maju sebagai calon Gubernur Jawa Tengah, Anies menyatakan sangat mendukung. Karena ia melihat Sudirman Said adalah pribadi yang baik, memiliki prestasi dan berasal dari Jawa Tengah sehingga dianggap tahu persis mengenai persoalan kemiskinan atau ketimpangan di daerah itu.

“Saya mendukung. Dia juga memiliki track record di BUMN, di pemerintahan, pernah jadi auditor dan pernah di swasta. Jadi pengalaman kepemimpinannya komplet. Saya rasa beliau akan memiliki dampak positif. Dan, satu lagi bersih. Bahkan beliau termasuk di belakang layar pendirian KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi),” jelasnya.

Saat Sudirman Said menjabat sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pada Kabinet Kerja Presiden Jokowi, Anies melihat kiprah Sudirman luar biasa. Salah satunya, mengembalikan gratifikasi berupa perhiasan mahal ke KPK.

“Jadi saya prinsipnya begini, kalau Anda tidak bisa dibeli dengan rupiah, maka Anda terhormat,” tegasnya.

Ketika ditanya apakah Anies yakin Sudirman akan menang dalam Pilkada Jawa Tengah, ia hanya menjawab kemenangan sudah ada di tangan Tuhan. “Ikhtiar harus dilakukan. Saya rasa kemenangan sudah ada di tangan Tuhan,” tukasnya.

92total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *