Mensos Bantu Nikahkan Isa – Joni, Wanita Melahirkan di Kardus

0

Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa membantu mengurus berbagai surat-surat penting dan kependudukan Isa, perempuan 29 tahun yang viral di media sosial setelah melahirkan di atas lembaran kardus di gang sempit kawasan Tambora, Jakarta Barat.

Khofifah mengatakan, permasalahan keluarga Joni dan Isa cukup kompleks. Meski telah memiliki tiga anak dan membangun rumah tangga di gang sempit, keduanya belum resmi berstatus suami istri.

“Jadi belum ada ikatan perkawinan yang sah, maka belum punya KK, dan istrinya belum ada KTP. Maka anaknya belum ada akta lahir, bahkan perlindungan sosial yang bisa terakses,” tutur Khofifah di Rumah Sosial Perlindungan Anak (RSPA) Bambu Apus, Jakarta Timur, Jumat (16/6/2017).

Karena itu, Khofifah menjelaskan, pihaknya akan membantu keluarga kecil tidak mampu itu diawali dengan menikahkan Isa dan Joni yang berumur 55 tahun.

“Dari surat nikah, baru kemudian nanti ada KK atau Kartu Keluarga. Setelah ada KK akan ada KTP. Setelah KTP, akan diurus Akta Kelahiran. Setelah itu semua, maka berbagai program perlindungan sosial akan bisa mereka akses. Jadi posisinya seperti itu,” kata dia.

Khofifah menegaskan, Kementerian Sosial siap membantu menyelesaikan permasalahan Isa-Joni secara berkelanjutan. Hal itu juga sebagai upaya menjalankan prosedur sistem administrasi kependudukan dan perlindungan sosial.

“Pak Lurah (di Tambora) menyiapkan lahan yang memungkinkan dibangun untuk keluarga Pak Joni ini,” kata dia.

Khofifah menyebutkan, sampai huniannya selesai, Isa bersama ketiga anaknya akan menetap di rumah aman Kemensos, dan mendapatkan penanganan medis, baik fisik maupun psikologis. Sementara, Joni enggan tinggal di rumah aman dan memilih kembali ke kawasan Tambora.

“Saya juga kemarin saat bersama Menkes (Menteri Kesehatan), saya sampaikan saya minta ini juga mendapat perhatian untuk special treatment, untuk perbaikan gizi anak-anak mereka. Kemudian yang kedua, untuk Bu Isa ada psycho social therapy secara khusus, karena ada indikasi gangguan mental,” Khofifah menandaskan.

Isa dan Joni merupakan keluarga tidak mampu yang tinggal di gang sempit kawasan Tambora, Jakarta Barat. Keduanya membesarkan tiga anaknya di hunian tak layak itu selama kurang lebih 10 tahun.

139total visits,1visits today

Share.

About Author

Leave A Reply