Mengenal Penyakit Gagal Ginjal

0

bangnapi.com, Jakarta – Kabar duka datang dari keluar pelawak senior Eko Ndaru Djumadi atau Eko DJ (65)  yang meninggal dunia pada Senin (27 Maret 2017) karena penyakit gagal ginjal yang sudah cukup lama dideritanya. Penyakit ini sebenarnya adalah salah satu penyakit banyak terjadi di Indonesia.

Gagal ginjal terjadi jika ginjal tidak mampu menjalankan fungsi utamanya yaitu menyaring sisa-sisa sampah proses metabolisme tubuh,  toksin seperti urea, kreatinin, kelebihan cairan, dan sebagainya dari darah dengan baik. Pada awalnya pasien yang mengalami gagal ginjal tidak akan mengetahui kondisi dirinya. Saat telah terjadi kerusakan yang parah, Kondisi ini baru diketahui dan ini bisa berlangsung selama bertahun-tahun.

Sekitar 60 persen kasus gagal ginjal pada orang dewasa diakibatkan karena penyakit gula darah dan tekanan darah tinggi yang tidak diobati. Penyebab lain gagal ginjal adalah infeksi, cedera, terkena racun, atau obat-obatan.

Deteksi dini penyakit gagal ginjal bisa dilakukan dengan pemeriksaan urine/kencing untuk mengukur kandung protein di dalam urine. Jika urine mengandung protein yang berlebihan biasanya menjadi pertanda adanya kerusakan nefron. Nefron adalah unit penyaring pada ginjal.

Jika pemeriksaan darah dan urine menunjukkan adanya penurunan pada fungsi ginjal, dokter akan melakukan pemeriksaan USG ginjal.

Gagal ginjal kronis akan merusak hampir semua sistem tubuh. Penyakit ini bahkan dapat berkembang menjadi penyakit ginjal stadium akhir. Jika ini terjadi, maka ginjal berhenti berfungsi dan pilihanya hanyalah cuci darah atau cangkok ginjal untuk mempertahankan hidup.

Gejala-gejala awal dari penyakit gagal ginjal adalah sesak nafas, mual, muntah, tubuh bengkak, hipertensi dan bahkan kematian mendadak.

Pilihan terapi pengobatan lainnya adalah cangkok ginjal. Prosedur ini sudah mengalami banyak kemajuan dan aman. Dokter-dokter di Indonesia juga sudah banyak melakukannya. Persoalannya adalah mencari donor yang memiliki kesesuaian antara jaringan donor dan penerima.

560total visits,2visits today

Share.

About Author

Leave A Reply