Mendikbud Dukung Pembangunan SMK Agro Maritim di Bengkulu

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy mendukung rencana Pemprov Bengkulu membangun Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Agro Maritim guna mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya perikanan yang ada di daerah ini.

“Kami mendukung penuh rencana Pemprov Bengkulu, akan mendirikan SMK Agro Maritim, karena sejalan dengan program revitalisasi SMK pada 2017. Ada sekitar 216 SMK di Tanah Air mulai tahun ini akan dilakukan revitalisasi,” kata Muhadjir Effendi, di Bengkulu, Jumat (14/7).

Untuk itu, Mendikbud berjanji dalam waktu dekat, akan menurunkan tim ke Bengkulu, guna memastikan rencana pembangunan SMK Agro Maritim tersebut.

Namun, Mendikbud mengingatkan agar lahan untuk lokasi SMK Agro Maritim yang akan dibangun tersebut, harus disiapkan Pemprov Bengkulu. Sebab, tanpa dukungan penuh dari Pemprov Bengkulu, maka rencana pembangunan SMK Agro Maritim tidak dapat diwujudkan dalam waktu dekat.

“Pemprov Bengkulu harus mendukung penuh atas rencana pembangunan SMK Agro Maritim di daerah ini. Kalau Pemda siap dan lahan sudah ada, maka SMK Agro Matirim segera kita realisasikan,” ujarnya.

Mendikbud berharap SMK Argo Maritim yang akan dibangun di Bengkulu, nantinya menjadi boarding school yang berbasis maritim. “Saya akan suport fasilitas yang lain untuk segera disesuaikan dengan program revitalisasi SMK,” ujarnya.

Untuk mempercepat realisasi pembangunan SMK Berbasis Maritim tersebut, katanya, Pemprov Bengkulu juga memerlukan dukungan dari pihak donatur, selain kesiapan lahan dan anggaran.

Mengingat Provinsi Bengkulu merupakan salah satu daerah di Tanah Air, yang tingkat pendidikan masyarakatnya masih jauh tertinggal dibanding daerah lainnya. Karena itu, untuk mewujudkan SMK berbasis kemaritiman perlu dukungan dari masyarakat dan swasta.

“Saya berharap di Bengkulu ada pengusaha yang dengan ikhlas bisa menyumbangkan SMK yang berbasis kemaritiman, sehingga bisa mempercepat perkembangan pendidikan di daerah ini ke depan,” ujarnya.

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah mengatakan, usulan secara tertulis rencana pembangunan SMK Agro Maritim di Bengkulu, yang bisa mencetak tenaga terampil dibidang maritim, telah dilayangkan Pemprov Bengkulu ke Kemendikbud sejak pertengahan 2016 lalu.

“Harapan kami usulan tersebut, bisa ditindaklanjuti oleh Kemendikbud dalam waktu dekat, sehingga pembangunan SMK berbasis kemaritiman di Bengkulu, dapat direalisasikan paling lambat pada 2020 mendatang,” ujarnya.

Sebab, pendirian SMK berbasis kemaritiman di Bengkulu, sangat mendesak untuk direalisasikan dalam waktu dekat mengingat potensi sumber kelayaan laut daerah ini cukup besar.

Namun, karena keterbatasan sumber daya manusia di bidang kemaritiman, maka potensi yang besar ini belum dapat digali secara optimal guna mensejahterakan masyarakat Bengkulu.

“Saya sangat optimistis jika SDM dibidang kemaritiman tersedia dalam jumlah banyak, maka potensi kekayaan laut yang dimiliki Bengkulu, dapat dimanfaatkan secara optimal guna meningkat kesejahteraan rakyat, termasuk nelayan,” ujarnya.

Karena itu, kata Rohidin, pembangunan SMK Agro Maritim mendesak dilakukan di daerah ini. “Pemprov Bengkulu, akan mengalokasikan dana untuk pengadaan lahan SMK tersebut. Kami akan dukung penuh rencana pendirian sekolah tersebut,” ujarnya.

150total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *