Mendagri Harapkan Mahasiswa Tak Terjerumus Terorisme dan Radikalisme

Mahasiswa perlu mewaspadai ancaman terorisme dan radikalisme. Sebagai generasi penerus bangsa, mahasiswa diharapkan senantiasa berpikir cerdas.

“Harus kita ketahui, ancaman terorisme dan radikalisme telah melanda negeri tercinta kita. Besar harapan kita semua mahasiswa memiliki cara berpikir yang cerdas agar tidak sampai terjerumus ke hal-hal tersebut,” kata Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo.

Hal itu disampaikannya saat menyampaikan sambutan pada kegiatan jalan sehat di Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Surabaya, Jawa Timur (Jatim), Minggu (20/8).

Tjahjo juga mengajak para mahasiswa memahami kebinekaan bangsa. “Jangan kita membeda-bedakan suku, agama dan ras, karena dapat menjadi pemicu perpecahan suatu bangsa. Mari saling menghormati, menghargai dan mencintai antarsesama,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, dia mengungkapkan, kesenjangan sosial di masyarakat masih tinggi. Sejumlah masyarakat banyak yang hidup di bawah garis kemiskinan. “Kita diciptakan sebagai pemikir masa depan bangsa, diupayakan dapat mencari dan memberikan solusi sekaligus jalan keluar yang terbaik bagi nusa dan bangsa,” ucapnya.

Menurutnya, pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) tengah fokus membangun infrastrukutur, perekonomian serta alat pertahanan. “Jangan ada pikiran buruk terhadap pemerintahan sekarang,” katanya.

Kegiatan di Unesa turut dihadiri Gubernur Jatim Soekarwo, Kapolda Jatim Irjen M Arifin dan jajaran Civitas Akademika Unesa. Sebanyak 5000 peserta meramaikan acara yang mengangkat tema ‘Membentuk generasi muda berideologi Pancasila dengan memperteguh semangat Bhinneka Tunggal Ika’.

Mendagri juga mendapat kepercayaan menutup Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PK2MB). “Selamat atas terpilihnya sebagai mahasiswa baru. Tidak semua remaja dapat masuk di Unesa,” ujar Tjahjo.

Rasa syukur sebagai mahasiswa baru, menurutnya, harus disalurkan dan diaplikasikan dengan kegiatan positif. “Jangan bermain-main dengan narkoba, miras, kejahatan kriminal, karena kalian adalah masa depan bangsa dan keluarga,” harapnya.

85total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *