Menag Sebut Perpres tentang Penguatan Karakter Akan Segera Diterbitkan

Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam waktu dekat akan menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) yang berkaitan tentang penguatan karakter pendidikan di Indonesia.

Perpres itu, kata dia, nantinya terlebih dahulu dibawa ke Kemenko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) guna dibahas bersama stakeholder, seperti ormas Islam dan lembaga pendidikan di Indonesia.

“Presiden mengundang kami untuk membicarakan tindak lanjut dari Permendikbud tentang pendidikan karakter itu lalu kemudian dituangkan menjadi Perpres. Jadi, kita sedang menyiapkan rancangan Perpres terkait penguatan karakter,” kata Lukman di Kompleks Istana Kepresidenan, Gambir, Jakarta, Rabu (18/7/2017).

Lukman menjelaskan, Perpres yang berkaitan tentang penguatan karakter ingin menjadikan pendidikan karakter sebagaimana Nawacita dalam pemerintahan Jokowi-JK. Menurut dia, Kepala Negara ingin nilai-nilai integritas, religiusitas, nasionalisme, serta gotong-royong dapat ditekankan kepada para pelajar di Tanah Air.

“‎Dari sisi waktu ini akan dalam waktu dekat. Terkait ini Bapak Presiden telah menunjuk Menko PMK sebagai leading sector yang akan menangani kegiatan ini,” jelasnya.

Permendikbud Nomor 23 Tahun 2017 tentang Hari Sekolah yang mengatur sekolah delapan jam sehari dalam sepekan atau full day school telah dibatalkan‎ sebelumnya. Penolakan itu dinilai lantaran dapat merugikan Pondok Pesantren, Madrasyah Dinayah, dan lembaga pendidikan yang kegiatan belajarnya pada sore hari.

Lukman menuturkan, ‎Perpres itu nantinya meminimalkan sejumlah implikasi dari penolakan tersebut secara fleksibel.

“Kata kuncinya fleksibilitas dalam penguatan pendidikan karakter ini bagi yang dimungkinkan 5 hari, silakan 5 hari. Tapi bagi yang 6 hari, juga tentu karena pertimbangan situasi kondisi berbeda. Jadi poinnya bukan di 5 atau 6 hari dalam seminggu, tapi bagaimana penguatan karakter itu,” jelas Menag.

139total visits,2visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *