Melawan saat Hendak Ditangkap, Penjahat Spesialis Curas Ditembak Polisi

Satreskrim Polres Cirebon melumpuhkan penjahat spesialis tindak pidana pencurian dengan kekerasan (curas). Pelaku dengan inisial IR itu ditangkap di rumahnya, kawasan Kecamatan Lemahabang, Kabupaten Cirebon, dengan terpaksa ditembak. Pasalnya saat penangkapan, ia coba melawan petugas.

Kapolres Cirebon AKBP Risto Samudra mengungkapkan, penangkapan tersebut berawal dari laporan korban Rasiti (58). Ketika itu pelaku beraksi bersama dua rekannya masuk ke rumah korban di Desa Karangwangun, Kecamatan Babakan. Korban yang tengah tidur dan seorang diri, kaget dengan aksi para pelaku.

“Untuk menghalau korban, para pelaku menyekap korban dengan membekap mulut dan mengikat kedua tangan-kaki korban,” tutur AKBP Risto, Selasa (14/11/2017).

Selanjutnya, jelas dia, para pelaku mengambil barang-barang milik korban dengan total kerugian sebesar Rp40 juta. Melalui insiden ini, jajaran Polres Cirebon langsung melakukan penyelidikan dan mengamankan satu pelaku.

“Pelaku kami lumpuhkan karena hendak melawan dengan menggunakan senjata tajam, dan kami masih mengejar dua pelaku lain yang identitasnya sudah diketahui,” ucap Kapolres.

Dari hasil keterangan yang didapat, lanjut dia, pelaku sudah sering melakukan aksinya dan ini yang ketiga kalinya. Sebelumnya, pelaku melakukan aksi yang sama di Desa Sarajaya, Kecamatan Lemahabang; dan Desa Susukan Lebak, Kecamatan Susukan Lebak, Kabupaten Cirebon.

“Pelaku adalah IR, warga Kecamatan Lemahabang. Selain itu, kami juga mengamankan sejumlah barang bukti di antaranya satu kalung dengan berat 18,700 gram beserta surat-suratnya, satu golok sepanjang 20 cm, satu selendang kain dan karung yang dipakai untuk mengikat korban, serta zebo penutup wajah,” paparnya.

Kini pelaku masih menjalani pemeriksaan di Mapolres Cirebon. Lalu akibat perbuatannya, ia bakal dijerat dengan Pasal 365 KUHPidana.

22total visits,2visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *