Mau Menang Pilkada, Gus Ipul Diminta Tepat Pilih Wakil

Sejumlah lembaga survei mencatat elektabilitas bakal calon Gubernur Jawa Timur petahana, Saifullah Yusuf alias Gus Ipul, berada di posisi teratas. Tetapi Gus Ipul belum tentu memenangkan kontestasi Pemilihan Gubernur Jatim 2018 jika keliru menggandeng calon wakil.

“Di Pilgub Jatim ini, posisi wakil gubernur sangat menentukan. Bukan hanya sebagai pemanis, tapi juga sebagai pendulang suara,” kata Direktur lembaga survei Alvara Research Centre atau ARC, Hasanuddin Ali, di Surabaya pada Minggu, 24 September 2017.

 Dia menyebutkan, sementara ini nama Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, paling banyak disetujui oleh responden untuk berpasangan dengan Gus Ipul. Pilihan kedua ialah Bupati Ngawi, Budi Sulistyono atau Kanang. Keduanya adalah kader PDI Perjuangan, partai yang disebut-sebut akan berkoalisi dengan partai pengusung Gus Ipul, PKB.

“Pak Anas (Abdullah Azwar Anas) ini diterima di semua cagub, baik di Gus Ipul, Khofifah, atau yang lain. Kedua, Pak Kanang ini juga punya potensi diterima di semua kandidat,” kata Hasan.

Sama dengan sejumlah survei lain, hasil survei ARC mencatat bahwa dari sisi popularitas Gus Ipul menempati posisi teratas (90,2 persen), disusul kemudian Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa (86,6 persen) dan posisi ketiga ditempati Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini atau Risma (73,9 persen).

Dari sisi elektabilitas, dari sebelas nama yang disimulasikan, Gus Ipul teratas (32,4 persen), Khofifah (27,7 persen), Risma (16,1 persen), dan Anas (4,2 persen). Survei ARC itu menggunakan metode multistage random dengan responden dari 38 kabupaten/kota se Jatim 1.200 sampel.

Hasan mengklaim margin eror surveinya 2,8 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. “Tetapi hasil survei ini masih sangat mungkin berubah. Dengan masih lamanya pelaksanaan Pilgub Jatim, sangat terbuka peluang, baik bagi Gus Ipul, Khofifah, atau Risma kalau jadi maju, untuk berada di posisi teratas,” katanya.

Di bagian lain, pembukaan Musyawarah Kerja Wilayah III Nahdlatul Ulama Jawa Timur di Grand Residen Darmo Harapan Surabaya diwarnai guyonan Pilgub Jatim. Kebetulan, mendampingi Gubernur Jatim, Soekarwo, Gus Ipul yang juga salah satu Ketua PBNU, dan Ketua DPRD sekaligus Ketua PKB Jatim, Abdul Halim Iskandar, hadir.

Sekretaris Jenderal NU, Helmy Faishal, dan Ketua NU Jatim, Hasan Mutawakkil Allah, bercanda dengan memelesetkan sapaan terhadap Gus Ipul dengan Gubernur Jatim. “Gus Ipul, Gubernur Jatim, maksudnya Wakil Gubernur Jatim yang juga calon Gubernur Jatim, semoga saja,” kata Hasan saat menyapa dalam sambutannya.

294total visits,2visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *